Follow Us

Gelombang Baru Rock Lokal Dalam Melanjutkan Rock Indonesia

- Senin, 28 September 2015 | 10:00
Kelompok Penerbang Roket
Hai Online

Kelompok Penerbang Roket

Menonton Efek Rumah Kaca (ERK) dan Barasuara back to back dalam satu panggung dalam gelaran Artwarding Night Go Ahead People Sabtu, 22 Agustus lalu bikin HAI geregetan bikin artikel ini. Gimana nggak bikin gatel? Dua-duanya, baik ERK dan Barasuara yang berjarak sewindu, sudah seperti dua generasi indie rock yang berbeda. Tapi malam itu, mereka bermain di atas satu panggung.

ERK seolah membuka jalan bagi indie rock di akhir dekade setelah era milenium. Sementara Barasuara dan band-band yang tampil juga di acara itu sepeti Polka Wars, Kelompok Penerbang Roket (KPR), Zealspeaks, sampai Scaller, bisa dibilang sebagai band-band yang akhirnya meramaikan genre musik ini.

Bahkan dalam suatu perbincangan, hal itu pun dibicarakan oleh Ade Paloh dari Sore dan Cholil Mahmud, frontman ERK. “Dalam suatu kesempatan Cholil (ERK) pernah ngomong sama gue, ‘nih waktunya untuk regenerasi,dek. Regenerasi “ngaspal jalan”, jadi ya harus kita bantu lah,” cerita Ade.

Dari obrolan tersebut Ade akhirnya bertemu dengan anak-anak muda yang tergabung dalam Polka Wars. Setengah dari band ini lantas ditarik Ade untuk menjalankan bandnya bernama Marsh Kids. Di band inilah dua dari personil Polka Wars digembleng oleh sang vokalis Sore, hingga akhirnya mereka menelurkan sebuah album debut bertajuk Axis Mundi.

Nggak ketinggalan Kelompok Penerbang Roket (KPR) yang sekilas mengingatkan kita pada The S.I.G.I.T dalam versi yang lebih “lokal”. Usut punya usut, mereka justru terpengaruh band-band lawas Indo dari generasi 70-an. Ngeri!

“Jujur ranah rock di Indonesia masih gitu-gitu aja selama ini. Konteks yang dibahas dari dulu seputar indie dan major melulu. Keragaman karya berbasis rock-nya malah jarang tersentuh. Ini yang gue rasa baru bakal terjadi belakangan,” ungkap Rekti Yoewono, vokalis The S.I.G.I.T

Seperti yang Rekti bilang, sekarang udah ngggak jamannya ngomongin indie-mayor, tapi murni ngobrolin rock. Itu yang bakal kita bahas di tulisan ini. Siapa aja punggawa-punggawa baru pembawa bendera rock lokal saat ini.

Mau tahu seperti apa profil lengkap the new indi rock Indonesia? Klik di sini!

Baca Juga:

3 Hal Yang Bikin Kita Wajib Nonton Video Klip Kelompok Penerbang Roket, Anjing Jalanan

Curahan Hati Efek Rumah Kaca Soal Pasar Bisa Dikonserkan

Para Musisi Terkenal Berubah Jadi Emoji Ini Super Keren Abis!

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest