Follow Us

Indonesian Jass Festival : Ini Musik Jazz Rasa Lokal

- Selasa, 20 Agustus 2013 | 04:31
Indonesian Jass Festival Ini Musik Jazz Rasa Lokal
Hai Online

Indonesian Jass Festival Ini Musik Jazz Rasa Lokal

Merasakan suasana Festival Jass dengan rasa yang berbeda, maka datanglah ke Indonesian Jass Festival (IJF). Yap, dari namanya saja sudah berbeda, Jass dengan huruf double "s" sudah menunjukkan kalau festival yang digelar untuk pertama kalinya itu bakal memiliki rasa lokal yang kental.

Alba production adalah yang menggagasnya. Dengan niat ingin menjadikan musisi jass Indonesia sebagai tuan rumah di negerinya sendiri, Chairman Alba Production, Adrian Bramantyo menyatakan kalau gelaran festival yang digelarnya pada 30-31 Agustus 2013 di Istora, Senayan, Jakarta itu bakal berbeda dnegan pertunjukkan musik jazz sebelumnya. IJF bakal menyuguhkan jazz rasa lokal yang berkualitasm begitu janjinya.

"Semua performernya adalah para musisi Indonesia. Kami ingin memberikan apresiasi dan wadah bagi para musisi Indonesia untuk performance di sini membawa musik berkualitas tinggi," kata Adrian saat menggelar press conference IJF 2013 di Rolling Stone Cafe, Jakarta, Jumat (16/8) lalu. Penggunaan kata "Jass" sendiri bukanlah satu kesalahan penulisan, melainkan diambil dari sejarah grup band pertama yang melakukan rekaman jazz, Original Dixieland Jass Band di tahun 1917. Menurut Adrian, IJF akan menghadirkan musik dengan nuansa dan rasa Indonesia, nantinya beberapa penampil akan mengusung nuansa etnik Indonesia yang dicampurkan dengan rasa jazz. Andien, salah satu penyanyi yang digandeng untuk tampil di IJF 2013 mengatakan, ia tertarik dengan konsepyang menghadirkan musisi-musisi lokal, baik yang sudha opunya nama atau memang baru dikenal tetapi sudah punya track record yang baik di daerahnya.

"Yap. beberapa festival sekarang isunya sudah quality. Yang jelas saya akan tampil bareng band, aransemennya nggak bakal itu-itu lagi," kata Andine yang juga bakal mempersiapkan lagu nasional untuk performance-nya nanti.

Selain Andien, beberapa nama musisi yang juga akan tampil dalam IJF adalah Ireng Maulana, Maliq & D`Essentials, Kosakata, Julian Marantika, Indro Hardjodikoro, The Groove, Doctor & The Professor, Manna, Zarro & The Vega, Tesla Manaf feat. MGG ITB, Sweet Mouztache, Soulvibe, Sentimental Moods, Sandy Winarta Quartet, Nona Ria Trio, Margie Segers, Heaven on Earth, Harry Toledo & Covers, Hajarbleh Big Band, Gugun Blues Shelter, Boby Limijaya & 8 Horn Band, Benny Likumahuwa, Barry Likumahuwa Project, Balawan Bifan Trio, AYA (Are You Alone), Ari Pramundito, Andien, Aboda, dan masih banyak yang lainnya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest