Follow Us

Jarak Jadi Hambatan Mocca Dalam Merekam Imaginary Girlfriend

- Rabu, 02 Oktober 2013 | 07:02
Jarak Jadi Hambatan Mocca Dalam Merekam Imaginary Girlfriend
Hai Online

Jarak Jadi Hambatan Mocca Dalam Merekam Imaginary Girlfriend

Band indie pop asal Kota Bandung, Mocca merilis single teranyarnya, "Imaginary Girlfriend". Perilisan lagu ini menjadi penanda bahwa band ini masih tetap berdiri dan dicintai para Swinging Friends (sebutan fans Mocca). Selepas Arina Epiphania (vokalis) pergi merantau ke Amerika pada 2011 lalu, Mocca tak sekalipun merilis lagu-lagu baru. Gosip band yang telah malang melintang di dunia musik independen ini bubar pun turut ditepis oleh single ini. Tapi, single ini membuktikan bahwa band yang terdiri dari Arina Epiphania (vokal), Riko Prayitno (gitar), Toma Pratama (bass), dan Indra Massad (drum) ini menunjukkan eksistensinya.

"Single ini menjadi semacam 'hadiah' buat Swinging Friends yang sudah setia menunggu lagu baru kami," ujar gitaris Riko Prayitno. Band indie pop asal Kota Bandung, Mocca merilis single teranyarnya, "Imaginary Girlfriend". Perilisan lagu ini menjadi penanda bahwa band ini masih tetap berdiri dan dicintai para Swinging Friends (sebutan fans Mocca). Selepas Arina Epiphania (vokalis) pergi merantau ke Amerika pada 2011 lalu, Mocca tak sekalipun merilis lagu-lagu baru. Gosip band yang telah malang melintang di dunia musik independen ini bubar pun turut ditepis oleh single ini. Tapi, single ini membuktikan bahwa band yang terdiri dari Arina Epiphania (vokal), Riko Prayitno (gitar), Toma Pratama (bass), dan Indra Massad (drum) ini menunjukkan eksistensinya.

"Single ini menjadi semacam 'hadiah' buat Swinging Friends yang sudah setia menunggu lagu baru kami," ujar gitaris Riko Prayitno. Salah satu hambatan dan tantangan dalam proses kreatif pembuatan lagu ini adalah membangun chemistry saat proses rekaman berlangsung. Karena beberapa personil Mocca terpisah jarak di beberapa kota - Arina yang kini menetap di Amerika, Riko yang masih tinggal di Bandung sedangkan Indra dan Toma yang kini berdomisili di Jakarta - cukup merepotkan dalam proses pembuatan lagu ini. Proses rekaman pun dilakukan di tiga studio berbeda yaitu Aru Studio, Infinite Labs (Bandung) dan Opera Studio (Jakarta).

"Karena domisili para personil Mocca ini berbeda kota dan dengan aktifitas berbeda, jadi proses rekaman dilakukan secara terpisah. Membutuhkan beberapa hari untuk rekaman instrumen dan vokal dan mendapatkan hasil yang benar-benar paling oke," jelas Riko. "Karena tempat dan dan waktu yang terbatas, kami coba metode rekaman jarak jauh ini buat Mocca. Karena yang sangat penting itu akurasi dan presisi secara waktu," tambah Riko. Proses rekaman lagu ini menghabiskan waktu satu hari dan dua minggu untuk proses mixing dan mastering.

Editor : Hai Online

Latest