Follow Us

70 Video Di Channel Youtube Endank Soekamti Hilang

- Rabu, 18 Juni 2014 | 12:03
70 Video Di Channel Youtube Endank Soekamti Hilang
Hai Online

70 Video Di Channel Youtube Endank Soekamti Hilang

Meski belum menetapkan tanggal, kapan penghapusan video-video artis indie dari situs mereka, namun youtube telah menghapus seluruh video yang berada di channel SoekamtiOfficial. Yup, channel tersebut nggak lain dan nggak bukan memang kepunyaan band pop punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti.

Karena terkena "kebijakan sepihak" ini, vokalis Endank Soekamti, Erix sempat curhat lewat jejaring sosial Instagram dan Path-nya siang ini (18/6).

"Ini diaaaaaa!!!! Ironisnya selain musik, Endank Soekamti yg dinaungi labelnya sendiri Euforia Records jg aktif dengan konten video. Gak cuman video klip kami membangun video serial (webseries). youtube Endank Soekamti www.youtube.com/SoekamtiOfficial sdh di block.. Termasuk 70 video di dalemnya HILAAAANG..," tulis Erix.

Masih melalui pernyataannya tersebut, kata Erix, dirinya sudah menyurati pihak Google Indonesia dan Youtube terkait penghapusan ini. "Sdh suratin pihak Google Id & Youtube awalnya bantu ehh tiba2 gak ada kabar kabur kubur pdl temen semua," sambung Erix lagi.

Ketika dihubungi HAI, Erix sendiri mengaku tahu 70-an video yang ia dan bandnya upload sejak tahun 2010 hilang dari para Kamtis. Ia pun kaget dan langsung curcol melalui dua jejaring sosial-nya tadi. Meski sedikit bernada protes, namun Erix mengaku sebenarnya ia mendukung kebijakan youtube tersebut.

"Saya sendiri sih sebenarnya mendukung. Toh penghapusan ini ujung-ujungnya juga untuk urusan royalti dan itu bermanfaat untuk para kreator video seperti kami. Cuma gimana ya, eman (sayang, Red) aja mas. Udah dari tahun 2010 upload, isinya nggak hanya tentang musik tapi juga ada interview, video serialnya juga," jelas Erix ketika dihubungi HAI melalui sambungan telepon.

Untuk ke depannya Erix dan bandnya mungkin akan membuat platform sendiri untuk mengupload video-video Endank Soekamti.

"Semua tawaran, seperti dari digilive atau Kincir (penyedia layanan video streaming lokal, red) tetap kami terima. Tapi nanti mungkin kami akan bikin sendiri juga untuk bisa streaming video-video kami di web," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam beberapa hari ke depan youtube memang sedang menghapus video-video dari artis berlabel independen di seluruh dunia. Ini dilakukan youtube terkait pembenahan sistem layanan video streaming berlangganan yang akan mereka terapkan.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest