Follow Us

Motor Mogok Karena Banjir? Kenali Tiga Penyebab Utamanya

- Selasa, 21 Januari 2014 | 06:11
Motor Mogok Karena Banjir Kenali Tiga Penyebab Utamanya
Hai Online

Motor Mogok Karena Banjir Kenali Tiga Penyebab Utamanya

Musim hujan kayak sekarang ini, nggak bisa lepas dari yang namanya banjir, guys. Nggak cuma di Jakarta, tapi beberapa kota di Indonesia juga terkena dampaknya. Nyatanya, banjir juga menjadi satu masalah yang serius. Khususnya, buat para pengendara motor. Pasalnya, banjir dengan ketinggian tertentu dapat mengakibatkan mogoknya motor kita. Duh!

Nah, sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami masalah ini. Kalau mogoknya sebentar, sih, nggak masalah. Kalau lama? Kebanyakan dari kita pasti langsung panik.

Nah, dari pada kita panik, mendingan kita pahami akar permasalahan dari motor yang mogok. Dilansir dari otomotifnet, Selasa (21/1), ada tiga hal yang jadi penyebab motor mogok.

Pertama adalah filter udara. Konon katanya, bagian ini punya potensi kemasukan air yang cukup besar. pasalnya, komponen ini bertugas untuk menyuplai udara dari luar untuk masuk ke ruang bakar.

Yang kedua adalah busi. Penyebab masuknya air ke busi kebanyakan dari kepala busi yang sudah bercelah. Solusinya adalah, setelah terkena banjir, bagian busi kita keringkan dengan kain yang bersih. Lalu, jika kepala busi sudah bercelah, lebih baik diganti baru.

Nah, yang ketiga adalah kemungkinan motor mogok akibat air yang masuk lewat lubang knalpot. Cara mengatasinya adalah, cukup mengangkat roda depan motor hingga tegak, dan tunggu sampai air di dalam knalpot benar-benar habis terbuang.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest