Follow Us

Ada Sinyal Handphone Penumpang Pesawat AirAsia yang Nyala

- Selasa, 30 Desember 2014 | 10:22
Ada Sinyal Handphone Penumpang Pesawat AirAsia yang Nyala
Hai Online

Ada Sinyal Handphone Penumpang Pesawat AirAsia yang Nyala

Gelombang sinyal ternyata menjadi salah petunjuk diketemukannya pesawat AirAsia QZ8501 yang sempat hilang beberapa wkatu lalu.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Sutarman mengatakan, salah satu handphone milik penumpang pesawat tertangkap oleh Base Transciever Station (BTS). Temuan ini didapat setelah tim pencarian di lapangan berkoordinasi dengan tim Informasi Teknologi untuk melacak sinyal telepon tersebut melalui BTS.

Setelah menangkap sinyal salah satu nomor hp penumpang, kata Sutarman, Polri langsung mengerahkan kapal untuk melakukan pencarian ke titik koordinat sinyal itu terdeteksi.

"Itu adalah temuan analisis IT kita karena saya meminta nomor handphone-nya penumpang pesawat itu berapa? Karena handphone itu (dibawa) terbang, terlepas dari BTS, dia hilang. Tapi mungkin ada yang tidak dimatikan lalu nyambung lagi dengan BTS," kata Sutarman seperti dikutip kompas.com di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (30/12) sore ini.

Setelah temuan tersebut, Sutarman melanjutkan, ia berinisiatif untuk meminta seluruh nomor telepon genggam penumpang pesawat tersebut. Menurut Kapolri, ada kemungkinan beberapa penumpang lupa mematikan handphone-nya sehingga sinyalnya dapat terlacak oleh BTS.

Semoga sinyal bantuan tadi bukan merupakan bagian dari penyebab terjadinya kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 melainkan sinyal tersbeut jadi bantuan tim pencari pesawat hilang.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest