Follow Us

Ujian Nasional Online? Siapa Takut!

- Jumat, 13 Maret 2015 | 12:11
Ujian Nasional Online Siapa Takut
Hai Online

Ujian Nasional Online Siapa Takut

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK Sederajat tinggal menghitung hari, bung. Tepatnya, 13-15 April nanti. Setelah kita semua dikejutkan dengan UN yang nggak lagi menjadi penentu kelulusan, sekarang pemerintah juga lagi ramai menyosialisasikan proyek baru bernama UN online atau UN CBT (Computer Based Test).

Tenang, tenang... UN CBT ini nggak diselenggarakan di seluruh sekolah di Indonesia kok. Berdasarkan laporan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melalui Kepala Pusat Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Prof. Ir. Nizam, UN CBT hanya digelar di 700 SMA/SMK Sederajat di 120 kabupaten dan kota.

Di Indonesia sistem ini memang tergolong baru. Ribet? Nggak sih, sebenernya sama aja kayak UN tertulis kalau kata Prof. Nizam. Soalnya Kemendikbud menyadari UN CBT ini justru akan mempermudah penilaian UN dan juga membuat peserta UN nggak perlu lagi capek-capek menghitamkan kertas jawaban UN yang rentan sobek dan boros waktu.

"Kami menyadari anak-anak zaman sekarang kan dekat dengan dunia digital. Mereka kan sehari-hari selalu menggunakan gadget mereka untuk bersosialisasi atau buat belajar. Masa kita mesti tahan-tahan mereka dan nyuruh mereka untuk tetap pakai pensil dan kertas?" beber pria bertubuh kurus dan tinggi ini.

Bapak berkumis ini juga bilang kalau UN CBT ini mendorong para pesertanya untuk mengerjakan soal dengan jujur. Makanya UN CBT ini dalam sehari bakal digelar tiga shift, yaitu shift pagi, shift siang, dan shift sore untuk sekolah-sekolah yang jumlah siswa kelas XII-nya mencapai 300-an lebih.

Selain itu, UN CBT ini tipe soalnya banyak dan pengerjaannya rencananya dilakukan di laboratorium komputer sekolah. Nanti pesertanya juga nggak diisi oleh peserta dari satu jurusan tertentu aja.

"Jadi nggak menutup kemungkinan dalam satu meja, peserta sebelahnya berbeda jurusan. Yang satu IPA yang satu IPS. Jadi nggak mungkin kan mereka nyontek, jurusannya aja udah beda, soalnya pun juga banyak tipe nanti," tambahnya.

Kelihatannya sih, mulia dan keren ya UN CBT ini.... Makanya klik di sinidong buat tahu cerita lengkapnya

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest