Follow Us

Minum Es Teh Kena Penyakit Ginjal

Rian Sidik (old) - Selasa, 26 Maret 2013 | 14:30
Minum Es Teh Kena Penyakit Ginjal
Rian Sidik (old)

Minum Es Teh Kena Penyakit Ginjal

Memang segar sih, kalau setelah makan minum es teh yang juga jadi pelepas dahaga. Tapi, waspada dengan efek sampingnya jika kamu terlalu sering mengkonsumsi es teh, yang ternyata bisa menyebabkan batu ginjal. Duh, bahaya juga ya, ternyata.

Para dokter dari Pusat Urologi Universitas Loyola mengatakan, bahwa dalam segelas es teh, terdapat kandungan oksalat dalam konsentrasi tinggi, yang justru bisa memicu penyakit batu ginjal. batu ginjal adalah gumpalan kecil dan keras yang ada di dalam ginjal, dan terbuat dari mineral dan asam garam. Nggak hanya dengan kurang minum, seseorang bisa mengidap batu ginjal. Seringnya mengkonsumsi es teh juga bisa berakibat pada penyakit ini.

Kurangnya cairan tubuh, memang juga bisa menjadi salah satu faktor seseorang mengidap batu ginjal, dimana orang yang mengalami dehidrasi akan berkeringat dan mengeluarkan cairan tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi es teh justru akan meningkatkan resiko batu ginjal dan bisa sangat berbahaya untuk tubuh. Lebih baik memilih air putih sebagai pelepas dahaga, yang memang lebih sehat dibandingkan es teh yang meskipun segar, tapi ternyata punya efek yang buruk untuk kesehatan.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest