Follow Us

Pertunjukkan Indah di Atas Langit Indonesia

Rian Sidik (old) - Jumat, 03 Mei 2013 | 06:48
Pertunjukkan Indah di Atas Langit Indonesia
Rian Sidik (old)

Pertunjukkan Indah di Atas Langit Indonesia

Selepas suasana mencekam ketika Ujian Nasional berlangsung di Bulan April lalu, nampaknya berbagai suasana indah akan turut menghiasi hari-hari kita di Bulan Mei 2013 ini. Karena, bakalan ada tiga fenomena langit indah yang bisa dinikmati selama bulan Mei, yang terdekat di akhir pekan ini, tepatnya Minggu (5/5/2013) malam.

Akan ada hujan meteor Eta Aquarid yang siap menghibur. Hujan meteor ini ditimbulkan ketika atmosfer Bumi berinteraksi dengan debu komet Halley. Dalam kondisi idealnya sih, bakalan ada 30 - 60 meteor yang bisa dilihat setiap jamnya. Setelah hujan meteor itu, warga Indonesia akan bisa melihat fenomena gerhana Matahari pada 10 Mei 2013 mendatang. Penduduk di kawasan Pasifik bisa melihat fenomena gerhana Matahari cincin. Sayang, Indonesia hanya bisa melihat gerhana Matahari sebagian.

Fenomena langit ketiga yang akan terjadi pada bulan Mei adalah gerhana Bulan penumbra. Gerhana Bulan ini khas karena kadang sulit dikenali dengan mata telanjang. Gerhana akan tampak seperti bukan gerhana. Gerhana Bulan penumbra akan terjadi pada 25 Mei 2013 nanti. Gerhana Bulan penumbra sebelumnya pernah terjadi pada 20 November 2012.

Seluruh fenomena langit tersebut bisa terjadi ketika langit mendukung, tak ada awan dan hujan. Semoga saja prakiraan bahwa pada bulan Mei banyak wilayah Indonesia sudah memasuki kemarau benar. Jika tak ada awan, paling tidak pengamatan bisa lebih maksimal. Sudah siap untuk menikmati keindahan alam ini? Catat tanggalnya, dan jangan sampai terlewat, yah!

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest