Follow Us

Hai

/

Art

Daftar Pemenang Kompetisi Komik Indonesia 2014 dan R.A. Kosasih Award

iamalvin - Senin, 22 September 2014 | 12:24
Daftar Pemenang Kompetisi Komik Indonesia 2014 dan R
iamalvin

Daftar Pemenang Kompetisi Komik Indonesia 2014 dan R

Sabtu (20/9) kemarin, awarding Kompetisi Komik Indonesia dan R.A. Kosasih dilaksanakan di acara PopCon Asia 2014. Proses penilaian dimulai dari pemilihan 75 karya oleh tim seleksi awal, seleksi ini dilakukan untuk menerima atau mengeluarkan komik dengan kualifikasi teknis yang sesuai atau tidak sesuai kriteria komik. Setelah 75 karya terseleksi, juri mulai menilai karya-karya tersebut berdasarkan, penokohan, pengembangan seting dan kesesuaian dasar cerita, story telling, dan penilaian artistik.

Awarding dibuka oleh penampilan dari Sanggar Anak Bulungan, sebuah sanggar untuk anak-anak mengekspresikan naluri seni nya, mereka menampilkan pertunjukan drama yang cukup unik, dengan bermodalkan egrang mereka menari sambil bernyanyi kemudian melakukan pertunjukan drama.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada panitia, Akademi Samali, Indonesia Kreatif serta Akademi Samali sebagai pihak-pihak yang terlibat dalam rangkaian acara ini. Tidak lupa apresiasi disampaikan pada acara PopCon Asia dan juri. Kemudian beliau juga menyampaikan pentingnya IP di Indonesia, beliau melihat sekarang ini sudah cukup terlihat IP yang dikembangkan oleh anak bangsa.

Tak lupa beliau menyampaikan bahwa komik adalah salah satu cara yang baik untuk menyampaikan cerita, pesan, dan menyampaikan nilai dengan cara sederhana terutama oleh anak muda. Beliau menambahkan bahwa komik perlu diapresiasi seperti juga kita perlu mengapresiasi Pak Kosasih yang menjadi salah satu pionir dalam mengembangkan komik Indonesia. beliau juga menyampaikan bahwa kompetisi komik Indonesia tidak hanya mengadakan kompetisi tetapi juga mengadakan workshop untuk mengembangkan anak muda dalam berkomik.

Terakhir beliau menyampaikan apresias terhadapi terbentuknya Kosasih Center, karena dalam mengembangkan komik sebagai salah satu produk kreatif, komunitas itu merupakan hal yang sangat penting. Kosasih Center dapat menjadi tempat untuk informasi, menjadi database komik-komik Indonesia, tidak hanya itu kita bisa mengembangkan kapasitas komikus di Indoensia, dengan harapan akan muncul banyak IP, dari situ kita bisa mendapat nilai tambah tertinggi. Beliau juga berharap kosasih award bisa dilaksanakan secara berkala, dua tahun sekali.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan nominasi dan penyerahan hadiah oleh Ibu Mari Elka Pangestu, berikut pemenang Kompetisi Komik Indonesia dan R.A Kosasih Award.

Pemenang Kompetisi Komik Indonesia 2014

Berwarna1st Golden Winner : Kroewel (Dimaz Sadewa)2nd Golden Winner : Lubang Kelinci (Olvyanda Ariesta)3rd Golden Winner : Menunggu Hujan (Dito Satrio Nugroho)

Hitam Putih :1st Silver Winner : Senyum 50000 Rupiah (Ockto Baringbing)2nd Silver Winner : Sebutir Manusia (Sukartoen)3rd Silver Winner : Leuweung Sancang (Anisa Novia Andari)1st Jury Mention : Kadhiri 1155M (Aji Prasetyo)2nd Jury Mention : Keluar Dari Rumah (David Sitanggang)3rd Jury Mention : The Plastik (Yudi Sutanto)4th Jury Mention : Puspadahana (Sweta Kartika)5th Jury Mention : Siklus (Galang Tirtakusuma)6th Jury Mention : Rindu Rumah (Alfa Robi)7th Jury Mention : Chelonia Dunia di Luar Tempurung (Hidayah Tri Wijaya Putra)8th Jury Mention : Labirin (Mariel Botarino)9th Jury Mention : Pintu Keluar (Danar Dwi Putra)10th Jury Mention : Baburu (Feby Ulkia Efendi)

Pemenang R.A Kosasih Award1. Cerita Terbaik : Dongeng Dip Dip Dop, SPBU Dongeng Sebelum Bangun, (Pidi Baiq)2. Sampul Terbaik : 17+ (Kharisma Jati)3. Gambar Terbaik : Enjah (Beng Rahadian & Thomas Soejakto)4. Cerita Pendek Terbaik : Once Upon a Time in the Little House of The Mbantoel Praire,Komik Antologi My Story, (Zaky)5. Karakter Terbaik : Setan Jalanan, (Franky Inrasmoro & Haryadhi)6. Komik Terbaik : Enjah (Beng Rahadian & Thomas Soejakto)7. Komik Online Terbaik : Arigatou Macaroni (Erfan Fajar)8. Komik Kampus Terbaik : Rocker Paper: Balada Band-Band Kampus Seni (Gandhi Eka)

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest