Follow Us

Tintin Menyelamatkan Kemayoran!

Rian Sidik (old) - Sabtu, 12 Januari 2013 | 14:19
Tintin Menyelamatkan Kemayoran
Rian Sidik (old)

Tintin Menyelamatkan Kemayoran

Tintin berulang tahun yang ke-84! Tepatnya, sejak karakter komik bikinan Herge ini diterbitkan pertama kali sebagai suplemen Koran Le Petit Vingtieme. Merayakan ulangtahun karakter komik legendaris ini, Komunitas Tintin Indonesia (@tintinid) kumpul-kumpul di Comic Cafe, Epicentrum Mall, Jakarta hari ini. Serunya, sambil merayakan ulangtahun Tintin, komunitas ini juga mengusung sebuah kampanye mulia. Yaitu, "menyelamatkan" Menara Air Traffic Control (ATC) di Kemayoran.

"Di komik 'Penerbangan 714' itu dikisahkan Tintin pernah singgah di bandara Kemayoran. Itu di terbitan komik lamanya. Tapi sekarang yang sudah terbitan Gramedia, diganti jadi Cengkareng. Nah, sebenarnya yang betul itu Tintin mendarat di bandara Kemayoran. Sayang, sekarang tempat itu jadi cagar budaya yang tidak terawat. Sampai sekarang masih ada menara ATC-nya. Menara itu menara ATC pertama di Asia. Komik Tintin jadi bukti sejarah," kata Mas Dian, salah satu founding father Komunitas Tintin Indonesia.

Lewat ulangtahun ke-84 Tintin ini, Mas Dian dan Komunitas Tintin Indonesia pengen ngajak kita untuk kembali ingat cagar budaya Indonesia yang hampir dilupakan tersebut. Makanya, di salah satu pojokan Comic Cafe dipajang lemari kaca berisi kaos kampanye penyelamatan Menara ATC Kemayoran, action figure Tintin, hingga koleksi komik Tintin "Penerbangan 714" dari berbagai negara. Lemari ini rencananya akan dipasang sampai 27 Januari nanti untuk bisa kita lihat-lihat.

Selain kumpul-kumpul, Komunitas Tintin Indonesia juga menggelar nonton bareng film seri Tintin, buka lapak jualan pernak-pernik Tintin, dan yang paling seru, lelang pernak-pernik Tintin yang rencananya uangnya akan disumbangkan untuk kampanye penyelamatan cagar budaya Menara ATC Kemayoran. Nggak ketinggalan, ada juga Kapt. Haddock dan Tintin hadir di acara ini, plus Thompson dan Thomson yang siang tadi khusus berbaju batik. Unik!

Selamat ulang tahun, Tintin!

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest