Follow Us

Diperiksa Polisi, Daniel 'DeadSquad' Kegep Nyimpen Ritalin, Obat Apa Sih Itu?

Alvin Bahar - Senin, 03 Mei 2021 | 13:21
Daniel Mardhany 'DeadSquad'
HAI

Daniel Mardhany 'DeadSquad'

HAI-ONLINE.COM - Saat ditangkap, Daniel Mardhany 'DeadSquad' diketahui mengantongi sebutir ritalin. Mereka juga mengamankan dua telepon genggam milik vokalis Kala tersebut saat proses penggeledahan.Sebenarnya, apa sih ritalin?Ritalin adalah nama umum untuk metilfenidat. Obat ini bekerja dengan cara memengaruhi sistem saraf pusat untuk meningkatkan kadar dopamin dalam otak.Buat yang belum tau, dopamin adalah zat kimia yang dikaitkan dengan rasa senang, tenang, dan bahagia.Penggunaan ritalin wajib dengan resep dokter.

Baca Juga: Daniel 'DeadSquad' Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Narkoba

Biasanya, obat ini diresepkan untuk terapi attention deficit disorder (ADD), attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan gangguan tidur narkolepsi. Ritalin harus digunakan dengan sangat hati-hati.

Bahkan ketika Ritalin digunakan sebagai obat resep dokter, ada efek samping yang berbahaya seperti kegugupan, insomnia, anoreksia (gangguan pada cara makan), urat nadi berubah, masalah jantung, kehilangan berat badan.

Baca Juga: Dari Daniel 'DeadSquad' Hingga Ridho Rhoma: Deretan Musisi yang Terjerat Kasus Narkoba di 2021Ritalin adalah obat adiktif. Bahkan oleh Drug Enforcement Administration (Badan Pencegahan Narkoba, AS) Ritalin digolongkan sebagai narkotika Daftar ke-II— golongan yang sama untuk kokain, morfin, dan amfetamin.Dikutip dari US Food and Drug Administration, ritalin dapat menyebabkan halusinasi visual, pemikiran bunuh diri, perilaku psikotik dan juga perilaku yang agresif dan brutal.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest