Follow Us

Sering Lihat Lambang OSIS di Seragam? Ternyata Ini Maknanya Sob

Dok Grid - Rabu, 11 Oktober 2023 | 11:52
Lambang OSIS
smkn50jkt.sch.id

Lambang OSIS

HAI-Online.com - Bagi kalian yang pernah menempuh pendidikan sekolah menengah pasti pernah kan bertanya-tanya apa sih arti dan makna dari lambang OSIS? Nah, lambang Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ini sih umumnya bisa kita jumpai di seragam sekolah yang kita kenakan.

Melansir dari Kompas.com, lambang OSIS diciptakan oleh Idik Sulaeman Nataatmadja, saat menjabat di Direktorat Jenderal Pendidikan dan Menengah Depdikbud RI sebagai Direktur Pembinaan Kesiswaan periode 24 November 1979 hingga 15 November 1983.

Coba diperhatikan dalam logo OSIS terdapat beberapa gambar yang berbeda, ternyata masing-masing gambar itu memiliki arti dan maknanya tersendiri lho. Langsung aja yuk kita cek apa sih arti gambar tersebut.

Baca Juga: Bikin Kangen Sekolah Deh, Ini Suka Duka Ikut OSIS di SMA yang Nggak Banyak Orang Tahu

1. Bunga bintang

Bunga bintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga melambangkan siswa sebagai generasi muda, dalam bentuk lima kelopak daun bunga yaitu abadi, adab, ajar, aktif dan amal.

2. Buku terbuka

Buku terbuka melambangkan belajar keras menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan sumbangsih siswa terhadap pembangunan bangsa dan negara.

3. Kunci Pas

Kunci pas melambangkan kemauan bekerja keras akan menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri dan bebas dari ketergantungan pada belas kasihan orang lain. Sehingga siswa berani mandiri.

4. Tangan terbuka

Tangan terbuka ini menggambarkan kesediaan menolong sesama siswa dan masyarakat yang memerlukan bantuan. Hal ini menunjukkan adanya sikap mental siswa yang baik dan bertanggungjawab.

Halaman Selanjutnya

5. Biduk
1 2 3

Source : Kompas.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular