Follow Us

Apakah Benar Kita Adalah Beban Keluarga? Psikolog Menjawabnya

Alvin Bahar - Sabtu, 13 Februari 2021 | 17:59
Sesi curhat di Youth Talks: Harta, Tahta, Beban Keluarga?
HAI

Sesi curhat di Youth Talks: Harta, Tahta, Beban Keluarga?

HAI-ONLINE.COM - Istilah "beban keluarga", memang lagi rame mondar-mandir di kehidupan remaja.Baik yang sekedar jadi meme "pipipip beban keluarga mau lewat" seperti di TikTok, maupun yang bener-bener jadi concern remaja di masa pandemi gini.Yoi. Sekolah di rumah, nggak ada kegiatan, cuma ngabisin nasi di rumah. Pernah ngerasa jadi beban keluarga? Tenang, lo nggak sendirian.Karena total ada 390 peserta yang mendaftar di Youth Talks: Harta, Tahta, Beban Keluarga? yang HAI gelar bareng Cewekbanget.id pada Sabtu (13/1/2021) ini.Dalam webinar ini, kami ngajak psikolog kece, Roslina Verauli, M.Psi.,Psi buat ngebahas soal remaja yang ngerasa jadi beban keluarga.

Baca Juga: Masalah Stereotip Bikin Anak Pertama Dituntut Mandiri, Tapi Anak Bungsu Lebih Disayang

Bisa dibilang sih, bukan webinar biasa, nih. Soalnya, Youth Talks memang nggak cuma interaksi satu arah dari narasumber ke audience.

Peserta juga boleh buat curhat atau nanya ke narasumber.

Malah, Youth Talks kali ini diawali dengan kuis buat memantau seberapa besar sih para peserta ngerasa jadi beban keluarga.

Ternyata, banyak yang ngerasa kehadirannya di keluarga cuma jadi beban aja.

Terus kata Mbak Vera apa nih?"Kalo di usia 18-20 ke bawah ngerasa beban, kayaknya keliru. Karena kita masih jadi tanggung jawab ortu," paparnya.

Mbark Vera melanjutkan, sepertinya ada struktur keluarga yang keliru ketika remaja seusia kita merasa jadi beban keluarga."Karena di usia segitu sedang tidak dituntut untuk secara finansial mampu untuk diri sendiri apalagi keluarga," lanjutnya."Kadang ortu menuntut berdikari di masa remaja. Ini ortu yang dysfunction, jangan sampe anak yabg mengambil peran ortu baik secara finansial atau emosional."Lalu, berarti kalo di usia segitu kita boleh nuntut minta beli macem-macem ke ortu ya mbak. Misalnya, minta beli PS5?"Itu sih anaknya kurang akhlak," kata Mbak Vera, tertawa. "Harus tau perbedaan needs sama wants. Jadi yang dipenuhi itu kebutuhan makan, bukan keinginan makan. Makan tempe juga sudah cocok kok gizinya. Karena anak yang sering dibutuhi wantsnya punya self control rendah. Nggak ada batasan dan aturan, orang tua jadi permisif."Kalo lo udah berusia 20 tahun ke atas tapi merasa jadi beban keluarga, mungkin ada benarnya tuh."Yang namanya usia tetap jadi pertimbangan, tapi juga nggak bisa lari dari aspek budaya dan value keluarga," ucap Mbak Vera.

"Jadi sumber merasa jadi beban ortu itu karna ada tekanan yang diberi orang tua, yang sebenernya udah dirasain sama ortunya," lanjutnya. "Tapi bisa juga dari diri sendiri karena ngerasa insecure."Mbak Vera juga punya tips nih biar kalian nggak ngerasa jadi beban keluarga."Sadar lah kalo kalian memiliki space dan independen, sehingga nggak ngerasa jadi beban keluarga," katanya."Pahami, dan ketahui kalo ini bebannya siapa. Jangan lupa juga untuk eksplorasi diri," tutupnya.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest