Follow Us

Jangan Sampai Menyerah! Simak 4 Tips Ini Sebelum Mendaftar Sekolah, Beasiswa, hingga Pekerjaan

None - Minggu, 03 Januari 2021 | 19:00
Ilustrasi beasiswa
PIXABAY/GREYMATTERS

Ilustrasi beasiswa

HAI-ONLINE.COM - Setiap orang punya cita-cita yang didambakan di masa muda, khususnya pada usia menjelang 20-an mereka, entah itu melanjutkan sekolah/kuliah, meraih beasiswa hingga mendapatkan pekerjaan. Meski demikian, terkadang kenyataan dan harapan belum saling berjodoh. Kegagalan seperti itu bukanlah sesuatu yang aneh. Jadi kalian nggak sendirian, sob. Yang jadi pertanyaan, bagaimana kita merespon kegagalan itu dan kembali mengambil ancang-ancang untuk bangkit kembali?Nah, buat kalian, HAI udah merangkum beberapa tips yang dirangkum dari laman Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), sebagaimana dikutip Kompas.com pada Sabtu (2/1/2021). LPDP menyebutkan, seenggaknya ada 4 cara agar kalian bisa meraih pekerjaan, sekolah, dan beasiswa yang diinginkan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) di luar maupun dalam negeri. Simak penjelasannya nih sob, seperti di bawah ini.

Baca Juga: Setelah 27 Tahun, Naskah Tertua Dewi 'Dee' Lestari Akhirnya Dibukukan#1 Evaluasi lagi dokumen persyaratan Sering kali persyaratan dokumen administratif, Curriculum Vitae (CV), hingga Motivation Letter dianggap perkara sepele. Padahal kelengkapan dan kesempurnaan kualifikasi diri yang diwujudkan dalam tulisan adalah pembuka kesempatan untuk menapaki jenjang seleksi selanjutnya. Apabila merasa kurang, kalian bisa mencoba mencari mentor atau kenalan yang sudah berhasil sebelumnya, demi meninjau ulang substansi tulisan kalian. #2 Evaluasi kemampuan wawancara Proses wawancara adalah proses validasi kesesuaian antara apa yang tertulis dalam dokumen dengan keadaan kalian sebenarnya. Nggak hanya soal substansi, tapi juga pembawaan hingga cara menjawab pertanyaan juga akan dinilai, apakah kalian layak dan dapat meyakinkan pewawancara. Walaupun terasa berat, kemampuan menjawab wawancara sebenarnya juga bisa dipelajari. Kalian bisa mencari mentor dan berdiskusi dengan kenalan yang sudah berpengalaman terkait menjawab pertanyaan yang meyakinkan.

#3 Harus jaga motivasi diri Kalian jangan merasa minder, karena mengalami penolakan dari berbagai pekerjaan, sekolah atau beasiswa.Penolakan bukan hanya terjadi pada kalian, tapi semua orang. Apabila terjadi penolakan, kalian bisa menuliskan motivasi apa saja yang akan menjaga tekad untuk kembali berjuang. Motivasi itu bisa seperti ingin membahagiakan keluarga, mengubah nasib, bermanfaat untuk masyarakat, hingga ingin segera membina rumah tangga. #4 Bersiap mencoba kembali Poin terakhir sangat penting, yakni kalian mencoba kembali. Kalian harus ingat, persiapan sematang apapun nggak bisa diwujudkan, apabila nggak dicoba kembali. Jadi, kalian harus ikuti empat langkah di atas. Semoga keinginan kalian terwujud, apabila pernah gagal memperoleh pekerjaan, sekolah, atau beasiswa yang diinginkan pada di tahun-tahun sebelumnya. Jadi, jangan pernah patah semangat ya, sob. Sebab, kegagalan merupakan awal dari kesuksesan. What doesn't kill you makes you stronger!

Penulis: Hanif PanduArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Raih Pekerjaan, Sekolah, dan Beasiswa"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest