Follow Us

Udah Lihat Pengumuman SBMPTN? Jangan Lupa Cetak Sertifikat UTBK Ya! Gini Caranya

Alvin Bahar - Jumat, 14 Agustus 2020 | 15:55
Hari Ini Pengumuman SBMPTN 2020 untuk Calon Mahasiswa, Kamu Bisa Loh Melihat Hasil Pengumumannya Melalui Link Website Ini!
Instagram @ltmptofficial

Hari Ini Pengumuman SBMPTN 2020 untuk Calon Mahasiswa, Kamu Bisa Loh Melihat Hasil Pengumumannya Melalui Link Website Ini!

HAI-ONLINE.COM - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 direncanakan dilaksanakan pada Jumat, 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Keterima sob?Seleksi SBMPTN dilakukan berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja dan/atau dengan kriteria lain yang ditentukan PTN.UTBK digelar di bawah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), di mana telah dilaksanakan di 74 lokasi tes yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Nantinya, peserta yang mengikuti UTBK dapat melihat nilai tes mereka.

Baca Juga: Band Metal Arsames Mengungsi dari Iran Usai Divonis 15 Tahun PenjaraKetua Pelaksana LTMPT Budi Prasetyo mengatakan, sertifikat UTBK dapat diunduh sehari setelah pengumuman SBMPTN."Dapat diunduh tanggal 15 Agustus pukul 15.00 WIB," kata Budi saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/8/2020).Terpisah, Humas LTMPT Anwar Effendi menjelaskan, sertifikat UTBK akan berisikan skor atau nilai masing-masing peserta.Nantinya, peserta dapat membuka portal resmi LTMPT, https://www.ltmpt.ac.id.

Bagaimana caranya?"(Peserta dapat) login di portal LTMPT," ujar Anwar kepada Kompas.com, Kamis (13/8/2020).Setelah melakukan login di portal menggunakan akun masing-masing, nantinya akan tersedia menu cetak sertifikat.Seleksi mandiriBudi menjelaskan, sertifikat UTBK ini juga dapat dimanfaatkan peserta yang nggak lolos SBMPTN untuk mendaftar ke PTN melalui jalur lain."Banyak PTN yang mensyaratkan pendaftar mandiri upload (mengunggah) sertifikat UTBK," papar Budi.Bagi peserta lolos, lanjutnya, wajib melakukan registrasi dan verifikasi ke masing-masing PTN yang didaftari.

Peserta harus memenuhi persyaratan registrasi yang dikeluarkan oleh masing-masing PTN."Jadi kalau misal nggak memenuhi syarat, maka bisa nggak lolos registrasi," kata Budi.Ia mengimbau peserta yang nggak lolos SBMPTN untuk mengambil kesempatan masuk ke PTN menggunakan jalur lain yang tersedia, salah satunya seleksi mandiri."Bagi yang belum diterima masih banyak kesempatan. Silakan manfaatkan nilai UTBK untuk mendaftar bagi PT yang mensyaratkan," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Pengumuman SBMPTN Jangan Lupa Cetak Sertifikat UTBK, Bagaimana Caranya?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest