Follow Us

Berhasil Bikin Skripsi 3.045 Halaman Cuman dalam 3 Minggu aja, Mahasiswa ITS ini Mendadak Viral!

Syifa Nuri - Sabtu, 20 Juli 2019 | 17:00
Muharom Gani Irwanda, mahasiswa ITS yang mendadak viral gara-gara bisa mengerjakan skripsi setebal 3.045 halaman dalam waktu 3 minggu aja
Humas ITS

Muharom Gani Irwanda, mahasiswa ITS yang mendadak viral gara-gara bisa mengerjakan skripsi setebal 3.045 halaman dalam waktu 3 minggu aja

HAI-Online.com - Kisah Muharom Gani Irwanda, mahasiswa Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) mendadak viral. Pasalnya, Gani berhasil lulus dengan mengerjakan skripsi setebal 3.045 halaman!

Dilansir dari Kompas.com, skripsi Gani yang berjudul "Penjadwalan Waktu Pelaksanaan dan Rencana Anggaran Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Denver Apartment, Komplek Citraland CBD-Kota Surabaya" ini ia kerjakan hanya dalam waktu 3 minggu aja.

Skripsi yang terdiri dari 152 halaman Bab 1-3, 2.740 halaman bab 4, dan 152 halaman lampiran ini ia kerjakan sejak 29 Juni hingga 5 Juli lalu. Pasca magangnya selesai di salah satu perusahaan BUMN.

=Baca Juga: Arswendo Atmowiloto Pernah Hilangkan Rubrik Astrologi Majalah HAI, Karena Remaja Harus Berpikir Rasional

Awalnya, Gani sebenarnya ingin membuat tugas akhir mengenai gedung 37 lantai. Namun, dosen pembimbingnya, Ir. Sukobar M.T merasa kalau Gani bakalan kesulitan dalam pengerjaannya. Jadinya Gani pun mengerjakan metode konstruksi untuk gedung 11 lantai sebagai gantinya.

"Saya merasa tertantang, karena tidak bisa mengerjakan 37 lantai, saya harus bisa mengerjakan 11 lantai dengan baik," kata Gani dilansir dari Kompas.com.

Dalam skripsinya ini, Gani membahas 11 perhitungan volume, kapasitas produksi dan tenaga kerja, jumlah alat, durasi hingga estimasi harga yang berbeda.

Untuk bisa mengerjakan skripsinya dengan baik, Gani pun berusaha dengan maksimal. Ia mengaku kalau bisa mengetik sampai 15 jam per hari, dengan waktu tidur hanya 2 jam aja.

Namun untungnya, Gani menikmati banget prosesnya ini. Sampai ia nggak sadar kalau skripsinya udah mencapai lebih dari 3000 halaman.

"Saya pikir hanya di kisaran seribu, ternyata sampai 3 ribuan."

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest