Jubilee Marisa Guitarra: Cewek HAI yang Ingin Indie Tetap Underrated

Senin, 05 November 2018 | 16:00
Dok. Hai

Cewek Hai Jubilee Marisa Guitarra

HAI-Online.com -Udah lihat video Cewek Hai terbaru belum sob? Kalau belum mending langsung sikat sekarang. Pasalnya, kali ini Hai ngobrol bareng Jubilee Marisa Guitarra yang artsy-nya kebangetan! Gimana nggak, mulai dari nulis lagu, jadi vokalis band, sampai menggambar jadi hobinya dia sehari-hari.

Jubilee emang bilang ke Hai kalau darah seninya mengalir dari keluarga. Mulai dari opanya yang pernah jadi guru musik dan juri berbagai lomba band, ayahnya Rama Satria yang merupakan gitaris blues ciamik, dan ibunya yang lulusan Seni Murni IKJ.

Fix kan tuh nggak heran dari mana sisi seni Jubilee mengalir?

Cewek yang baru kelas X atau 1 SMA di Bintro ini sendiri dalam musik gabung jadi vokalis di band bernama Cassette Tape.

Bersama dua temannya, udah ada beberapasingleyang hadir di berbagaiplatformmusikonline.Mereka pun lagi nyiapin EP bro.

Ingin indie tetap underrated

Menarik nih ngulik banyak hal soal musik dari Jubilee. Referensi musiknya tergolong luas, baik lokal maupun internasional. Hal ini terlihat waktu Jubilee nunjukin beberapa koleksi kasetnya, ada Jimi Hendrix, Adhitya Sofyan, sampai Naif! Jubilee juga koleksi vinyl lho.

Nggak cuma itu, Jubilee juga punya pandangan soal musik indie yang jadigenrekegemarannya. Menurutnya, indie ya tetap indie.

Maksudnya?

"Ya musik indie harusnya tetapundergroundsih, kalau udahmainstreamya udah bukan indie namanya," kata Jubilee.

Dia juga menyangkan, banyak musisi-musisi indie yang udah nggak se-indie dulu. Musik mereka meledak di pasaran dan digemari masyarakat luar. Nggaksegmentedlagi.

"I want to keep themunderrated.Semua jangan jadi kayak komersial gitu."

Dalam penggarapan EP bandnya sendiri pun cewek yang berusia 15 tahun ini ngaku benar-benar indie, termasuk dari segi pembiayaan. Semua mereka lakukan patungan.

"Iya kita patungan aja buat bikinnya," tambahnya.

Emang siapa sih musisi indie favorit Jubilee? Salah satunya Boy Pablo yang bakal tampil di Jakarta akhir November mendatang. Anw, Jubilee pengen bangetcollabbareng Fathia Izzati.

Dari buku ke lagu

Kata Jubilee, dia udah suka nulis lagu dari lama. Bahkan, kenal musik aja dari lahir. Setiap hari dengerin lagu. Tapi, di sela berbagai hal soal musik itu, Jubilee juga menambah referensinya lewat kegemaran membaca buku.

Koleksi bacaannya nggak main-main sob, dari buku karya Pramoedya Ananta Toer sampai sajak-sajak Aan Mansyur. Wih~

Nggak sekadar baca, Jubilee juga emang memahami isi buku itu dengan cermat. Dia ngaku bahkan sering bikin lagu yang inspirasinya didapat setelah baca buku.

"Dari buku yang ini bisa dikembangin jadi lirik," ucap Jubilee.

Dari buku pun bisa dikembangin jadi gambar. Bahkan dia udah ngebayangin sedari baca bakal makai warna-warna apa digambarnya.

Widihh keren dan emangartsybanget ya sob. Jangan lupa tonton video Jubilee di YouTube Hai ya buat kepoin cewek bertalenta ini lebih jauh.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya