Harvard dan Universitas Dunia Lain Buka Ribuan Kelas Kuliah Online Gratis. Begini Cara Aksesnya!

Minggu, 04 November 2018 | 17:00
iStockphoto

Ilustrasi Kelas Online

HAI-Online.com -Bisa kuliah di luar negeri pasti menjadi cita-cita bagi semua orang, namun sayang untuk mewujudkan keinginan tersebut dibutuhkan uang yang nggak sedikit nilainya.

Selainuang kuliah yang terbilang sangat tinggi, besarnya biaya hidup ketika mengambil studi di luar negeri bikin kita berpikir dua kali untuk mewujudkannya.

Tapi tenang sob, buat kalian yang pengen ngerasain gimana rasanya sih belajar di universitas ternama di luar negeri seperti Harvard University dkk dengan gratis, HAI bakal kasih tahu caranya nih.

Jadi, universitas-universitas ternama di seluruh dunia tersebut sebenarnya sudah menyediakan sebuah kelas online yang bisa kalian akses secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga : Generasi Z di Amerika Dilaporkan Jadi yang Paling Banyak Terkena Masalah Kesehatan Mental

Nah, kumpulan kelas online gratis yang diberi nama Massive Open Online Courses (MOOC) ini telah didukung sebanyak lebih dari 800 universitas di seluruh penjuru dunia.

Nggak cuma itu, dari sekitar 800 universitas tersebut ada lebih dari 10.000 kelas online yang bisa kalian ikuti secara gratis, asik nggak tuh?

Udah deh, daripada kebanyakan basa-basi langsung aja deh HAI bagiin buat kalian cara-cara buat bisa mengikuti kelas online dari universitas-universitas ternama di dunia secara gratis.

1. Buka website-nya terlebih dahulu disini.

2. Kalo udah kebuka, daftar deh di bagian pojok kanan atas

www.class-central.com

Kelas Online Gratis

3. Isi data diri se-valid mungkin karena beberapa kelas juga ada yang bakal kasih sertifikat kursus secara gratis.

4. Habis itu pilih deh kategori materi pembelajaran apa yang pengen kamu pelajari, misalnya IT, ekonomi, sastra, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Setelah memilih materi pembelajaran, sekarang gantian pilih universitas-universitas mana yang kalian tertarik ikuti kelasnya.

Baca Juga : Karena Belajar Bukan Sebuah Kompetisi, Singapura Bakal Hapus Ulangan Sekolah

6.Buat kalian yang sempet nge-skipmateri pembelajaran ataupun universitas yang kalian minati nggak perlu khawatir sob! Masuk kehomepage, lalu pilih 'Courses' di bagian kiri atas.

www.class-central.com

Kelas Online Gratis

7. Udah deh tinggal pilih aja mata kuliah atau kampus apa, nantinya kalian akan diarahkan secara otomatis ke website universitas masing-masing buat informasi seperti jadwal, lama pembelajaran, dan kawan-kawan.

Gimana sob, gampang banget kan caranya? Jadi, sekarang pasti udah nggak ada alesan lagi buat nggak belajar! (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya