4 Hoaks yang Muncul Terkait Jatuhnya Lion Air JT 610 dan Fakta di Baliknya

Selasa, 30 Oktober 2018 | 17:30
Farhan/HAI

Ilustrasi #PrayForLionAir

HAI-Online.com -Dunia penerbangan Indonesia kembali berduka setelah pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 dipastikan jatuh di perairan Tanjung Karawang setelah hilang kontak pada Senin pagi (29/10).

Di tengah kondisi yang tengah berkabung, mirisnya banyak oknum-oknum nggak bertanggung jawab yang sengaja menyebarkan hoaks, salah satunya melalui media sosial.

Entah apa motif di baliknya,sejauh ini HAI udah berhasil menemukan 4 hoaks yang tersebar seiring jatuhnya Lion Air JT 610.

Apa saja sih?

Langsung aja HAI bagikan buat kalian 4 hoaks yang muncul seusai jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 beserta fakta di baliknya.

1. Foto Penumpang Pesawat yang Menggunakan Masker Oksigen

Ada sebuah foto yang diklaim sebagai gambar dari penumpang Lion Air JT 610 yang tengah menggunakan masker oksigen beberapa saat sebelum pesawat tersebut jatuh ke perairan Tanjung Karawang.

Faktanya, gambar tersebut merupakan foto dari para penumpang Sriwijaya Air beberapa waktu lalu saat terjadinya turbulensi, dan semua penumpang berhasil selamat.

"Dua foto ini bukan penumpang pesawat JT 610. Foto ini kondisi penumpang pesawat Sriwijaya saat turbulensi beberapa waktu lalu. Semua penumpang dan pesawat selamat," tulisKepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat akun Twitternya.

Baca Juga : Berkaca Pada Kasus Lion Air JT 610, Mengapa Pesawat Baru Bisa Alami Kecelakaan?

2.Foto Bayiyang Selamat

Selain foto penumpang pesawat yang menggunakan masker oksigen, beredar juga gambar seorang bayi yang dikabarkan merupakan penumpang Lion Air JT 610 yang selamat.

Padahal, gambar tersebut merupakan foto bayi yang berhasil selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju, di Perairan Selayar pada bulan Juli lalu.

3. Foto Badan Pesawat yang Berhasil Diangkat

Belum berhenti sampai di situ, di media sosial beredar juga foto dari pengangkatan badan pesawat yang diklaim merupakan milik pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang.

Foto tersebut dipastikan hoaks karena gambar itu merupakan bangkai pesawat Lion Air JT 904 yang mengalami kecelakaan di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada tahun 2013 lalu.

4. Video Kondisi di Dalam Pesawat yang Mengalami Turbulensi

Nggak cuma foto, beredar juga sebuah video yang dikabarkan merupakan kondisi mencekam di dalam pesawat Lion Air JT 610 sebelum akhirnya mengalami kecelakaan.

Faktanya, video tersebut diambil ketika pesawat Lion Air JT 353 Padang-Jakarta mengalami turbulensi dan seluruh penumpang berhasil mendarat dengan selamat.

Baca Juga : Pesawat Lion Air JT 610 Dipastikan Jatuh di Perairan Karawang, Ini Puing-puingnya

Nah, itu dia sob4hoaks yang muncul seusai jatuhnya pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 beserta fakta di baliknya.

Dari sini kita bisa belajar untuk nggak langsung menelan mentah-mentah informasi yang belum dikonfirmasi kebenarannya, apalagi ikut menyebarkannya.

Daripada menyebar hoaks, lebih baik kita mendoakan agar korban yang berada dalam pesawat Lion Air JT 610 bisa segera ditemukan oleh tim regu pencari. (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Twitter

Baca Lainnya