5 Fakta Mengenai Film 'Gundala', Dari Ilmuwan Menjadi Penjaga Keamanan

Senin, 29 Oktober 2018 | 15:18
Twitter.com/jokoanwar

Poster Gundala

HAI-Online.com -Joko Anwar telah resmi merilis teaser film terbaru garapannya 'Gundala' melalui akun Twitter miliknya pada Minggu sore kemarin (28/10).

Dalam teaser berdurasi 24 detik tersebut, menampilkansosokdari Abimana Aryasatya yang berperan sebagai Sancaka, sekaligus tokoh Gundala yang sempat muncul di akhir video.

"First look Gundala," tulis Joko Anwar dalam video teaser yang diunggahnya.

Nah, di balik kerennya teaser yang dirilis oleh Joko Anwar tersebut, ternyata ada beberapa fakta menarikdi balik pembuatan film yang bakalan mulai tayang di layar lebar tahun 2019 mendatang.

Apa saja sih?

Langsung aja HAI udah merangkum buat kalian beberapa fakta menarik yang berhasil ditemukan mengenai film 'Gundala'.

1. Diangkat dari komik Gundala Putra Petir

bumilangit.com

Gundala.

Seperti yang udah kita ketahui, Gundala Putra Petir merupakan salah satu superhero asli Indonesia yang diciptakan oleh salah satu komikus Harya Suryaminata atau Hasmi.

Sama seperti namanya, tokoh yang terinspirasi dari sosok Ki Ageng Selo ini merupakan seorang pahlawan super dengan kekuatan petir untuk melawan lawan-lawannya.

Dalam komiknya,Gundalamengenakan kostum ungu dengan topeng yang memiliki ornamen sayap pada bagian telinga kiri dan kanannya, sedangkan dalam filmdesain kostum menjadi lebih modern dengan pendekatan yang lebih realistis.

"Kami mencoba membuatfilm Gundala yang realistis, nggak yang tiba-tiba kostumnya datang dari langit," kata Joko Anwar di Indonesia Comic Con (ICC) 2018seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com.

Baca Juga : Bangga, Senyawa Jadi Kontributor Musik di Game 'Red Dead Redemption 2'

2. Abimana Sempat Menolak MemerankanSancaka

Instagram/abimana_arya
Instagram/abimana_arya

Abimana Aryasatya, pemeran Gundala Putra Petir di film Gundala

Dalam film 'Gundala' tokoh Sancaka akan diperankan oleh salah seorang aktor yang telah malang melintang di dunia perfilman Indonesia, Abimana Aryasatya.

Meskipun begitu, ternyata Abimana sempat menolak tawaran yang diberikan oleh Joko Anwar untuk memerankan Gundala karena masih terlibat dengan proyek lain.

"Pas pertama ditawari bilang enggak.Bukannya enggak percaya sama dia, tapi aku harus menyelesaikan pekerjaan sebelumnya,"terang Abimana.

Setelah pekerjaannya itu selesai, Abimana kembali dihubungi oleh Joko Anwar, dan tanpa pikir panjang doi langsung menerima tawaran dari sutradara Pengabdi Setan tersebut.

"Hari terakhir aku menyelesaikan pekerjaan itu dia kirim draft ketiga jam setengah dua, pagi-pagi dia minta aku buat baca. Aku langsung bales, 'nggak usah baca, gua ikut'," tambahnya.

3. Diet Ketat Agar Muat Memakai Kostum Gundala

Untuk memerankan karakter Gundala, Abimana Aryasatya harus rela melakukan diet ketat agar berat badannya turun sebanyak 6 kilogram agar kostum dari Putra Petir itu muat dipakainya.

"Turun enam kilo, aku kasihan sama kostumnya nanti nggak akan muat," terang aktor pemeran Dono dalam filmWarkop DKI Reborn: Jangkrik Bos tersebut.

4. Joko Anwar Nulis Skenario di Kuburan dan Museum

KOMPAS.com
KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA

Joko Anwar, Muzakki Ramdhan dan Marissa Anita saat peluncuran serial original horor Folklore: A Moth

Seperti yang kita tahui, Joko Anwar bukanlah orang baru dalam dunia perfilman dan telah menggarap banyak film dari berbagai macam genre.

Walaupun begitu,sutradara berusia 42 tahun itu mengaku dirinya sempat mengalami kesulitan dalam proses penggarapan skenario dari film 'Gundala'.

"Ini adalah suatu film yang skenarionya paling susah aku kerjain. Jadi aku tuh nulis harus tenang banget, jadi kalau ngga nulis di museum, ya di kuburan," ujar Joko Anwar seperti yang dilansir HAI dariTribun Seleb.

5. Sancaka Menjadi Penjaga Keamanan

Selain memiliki perbedaan dari segi kostum, nampaknya dalam film 'Gundala' ini tokoh Sancaka akan berbeda dengan seperti yang selama ini kita tahu di komik.

Seperti yang udah kita liat di teasernya, Abimana tampak berperan sebagai petugas keamanan yang bisa kita saksikan melalui setelan bajunya, sedangkan dalam komik Sancaka merupakan sosok ilmuwan yang menemukan serum anti petir.

Baca Juga : Dibuat Lebih Realistis, Intip Teaser dan Penampakan Pertama Film Gundala di Sini

Jadi, itu dia sobbeberapafakta menarik yang berhasil ditemukan mengenai film 'Gundala'.

Siapa nih di antara kalian yang udah nggak sabar buat nonton? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com, Tribunseleb

Baca Lainnya