Begini Langkah Merencanakan Liburan Nyaman tapi Nggak Bikin Kantong Bolong

Senin, 29 Oktober 2018 | 16:00
HAI/Dewi Rachmanita

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT

HAI-Online.com -Duh asiknya lihat banyak orang ditimelineInstagram pergitravellingke sana ke mari. Lo juga bisa kok! Asal perencanaannya baik dan nggak asal.

Sebagai anak muda, mesti juga nih perhatiin urusanbudgetbiartravellingnyaman, tapi nggak bikin kantong bolong.

Nggak usah maksain kalau memangbudgetlo terbatas. Ada kok langkah-langkahnya untuk tetap bisa liburan asik.

Kenny Santana,travelleryang udah ke berbagai tempat kasih langkah-langkah merencanakan liburan nyaman dan tentunya aman di kantong. Doi cerita banyak sob dalam gelaran DBS Lyfe Fest di Idea Fest 2018 Sabtu (27/10) lalu.

Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Film 'Gundala', Dari Ilmuwan Menjadi Penjaga Keamanan

1. Perencanaan matang dari awal

Penting hukumnya emang lo udah punya rencana matang sebelumtravelling.Lo udah mengira-ngira bakal ke mana aja saattravellingdi destinasi itu.

Perhatikan waktu yang pas, termasuk urusan harga tiket murah kapan aja, promo-promo tiket pesawat, dan lainnya.

Tiket tempat-tempat wisata pun kata Kenny ada baiknya lo beli sedari di Indonesia. Jadi saattravellingke luar negeri, lo tinggal mengeluarkan uang buat makan dan oleh-oleh.

Makan pun juga bisa lo rencanain dari awal. Mau makan di restoran, cafe, atau minimarket. Jadi ini bisa menyesuaikanbudgetgitu sob.

Rencanain juga soal akomodasi. Lo mau di hostel, air bnb, atau di rumah saudara/teman. Kalau bisa sih pilih yang ada mesin cucinya biar lo hemat barang bawaan dan nggak bikin bagasiover load.

Kalau nggak ada, bisa koklaundry.Ini menurut Kenny jauh lebih hemat ketimbang bawa banyak baju yang ujung-ujungnya pas pulang malah bikinoverloadbagasi karena mesti nambah barang belanjaan.

Bikin deh itinerary yang baik, rinci, biar nanti pas sampai di tempat tujuan nggak bingung.

2. Beraniin diri

Percuma lo udah punya perencanaan matang, bikinitinerary detil kalau ujung-ujungnya nggak jadi berangkat karena sang sohib batal ikuttravelling.

Bro, lo mesti beraniin diri. Nggak perlu tuh nungguin teman yang PHP dan entar-entar kalau ditanya soal kepastian liburan. Kalau ada kesempatan, perencanaan udah matang, uang udah ada, ya udahgo!

Toh kalau lo udah siap, siapa tahu teman lo ujung-ujungnya tiba-tiba jadi ikut. Sikat deh brosolo travelling!Kalau sendiri, emang sih lo mesti perhatiin destinasi.

Ada beberapa tempat yang mungkin mesti dipikir-pikir kalau sendiri dilihat dari faktor keamanan, akses, dan lainnya.

Lo mesti inget nih, nggak usah ngotot maksain diri pergi ke tempat-tempat yang dari segi uang belum tercukupi.

Nggak usah deh maksain diri foto di tempat terlarang. Jangan cuma demilike, share, comment,lo melakukan cara-cara yang malah jadi malapetaka buat diri sendiri.

Udah tahu kan tuh langkahtravellingbiar nyaman, tapi kantong nggak bolong? Tunggu apalagi? Berangkat!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya