Jangan Gampang Dikibulin, Ini 5 Kasus Hoaks yang Menggemparkan Indonesia

Kamis, 04 Oktober 2018 | 13:19
iStockphoto

Ilustrasi Hoax

HAI-Online.com -Di masa sekarang, kita sebagai masyarakat yang pintar harus bisa mengolah cerita ataupun berita yang beredar agar nggak mudah termakan oleh hoaks karena bisa mengakibatkan perpecahan.

Terakhir, banyak masyarakat Indonesia yang dibuat berseteru akibat munculnya kabar hoaks ciptaanoleh Ratna Sarumpaet yang sempat mengaku mengalami tindak pemukulan sehingga menyebabkan wajahnya lebam-lebam.

Ternyata selain kasus Ratna Sarumpaet, sebelumnya di negara kita telah beredar berbagai macam hoaks yang membuat masyarakat heboh.

Apa aja sih?

Langsung aja deh HAI bagiin buat kalian 5 kasus hoaks yang sempat menggemparkan Indonesia.

1. Idrus dan Markonah - Raja dan Ratu Suku Anak Dalam

Pada sekitar tahun 1950-an, ada sepasang suami istri bernama Idrus dan Markonah yang mengaku sebagai raja serta ratu dari Suku Anak Dalam yang berada di Sumatera.

Bahkan, mereka sempat diberikan sambutan baik dengan cara dijamu, diajak foto bersama, dan membuat banyak media massa meliput aksinya.

Sampai suatu ketika ada seorang pejabat yang memperkenalkan Idrus dan Markonah kepada presiden Soekarno karena dianggap bisa membantu dalam pembebasan Irian Barat.

Presiden Soekarno lantas mengundang raja dan ratu palsu itu ke istana, dan diberikan sejumlah uang untuk misi pembebasan Irian Barat serta fasilitas menginap di hotel selama berminggu-minggu.

Sampai suatu ketika kedok mereka terbongkar oleh seorang supir becak yang mengenal Idrus dan membuat para wartawan mengkulik identitas mereka sebenarnya.

Setelah ditelusuri, ternyata Idrus cuma seorang supir becak dan Markonah adalah wanita malam yang sering menjajakan diri di daerah Tegal.

Baca Juga : Mengonsumi Kabar Hoaks Tentang Bencana Alam Bisa Jadi Musibah. Ini Cara Mencegahnya

2. Cut Zahara Fona - Janin yang Bisa Bersuara dan Mengaji

Mirip dengan kasus yang menimpa presiden Soekarno, seorang cewek asal Aceh, Cut Zahara Fiona berhasil menipu wakil presiden di era Soeharto, Adam Malik.

Kala itu, cewek yang nggak lulus SD ini berhasil membuat geger seluruh Indonesia setelah mengklaim bahwa anak di dalam kandungannya bisa berbicara bahkan mengajii.

Banyak diperbincangkan orang dan dimuat oleh surat kabar, Adam Malik pun mengundang Cut Zahara Fiona setelah diyakinkan adiknya mengenai kabar janin yang bisa mengaji.

Bahkan di kala itu, Adam Malik juga ikut menempelkan telinganya ke perut Cut Zahara demi bisa mendengarkan suara janin yang ramai diperbincangkan banyak orang.

Namun, hoaksitu akhirnya terbongkar setelah Kapolres Banjarmasin beserta satuannyamenyingkap kain yang digunakan Cut Zahara dan menemukan sebuah tape recorder di baliknya.

3. Said Agil Al Munawar- Harta Karun

Saat pemerintahan Megawati, Menteri Agama kala itu, Said Agil berhasil diperdaya mengenai adanya berita harta karun peninggalan Prabu Siliwangi di situs purbakala Batutulis, Bogor.

Dia lantas mengungkapkan rencana penggalian situs tersebut kepada Presiden Megawati dan ingin menggunakan harta karun yang ditemukannya itu untuk melunasi hutang negara.

Namun, ternyata berita tentang adanya harta karun itu hanya isapan jempol belaka dan ada beberapa orang yang menginginkan dirinya dipenjara karena dianggap telah melanggar UU Cagar Budaya.

4. Joko Suprapto - Blue Energy

Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Djoko Suprapto mengklaim dirinya sebagai penemu blue energyyang mampu mengubah air menjadi energi minyak.

Kala itu, lewat staf khusus kepresidenan, Heru Lelono, Joko Suprapto bisa meyakinkan presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengenai tembuan bahan bakar berbahan dasar air.

Bahkan, doi pun sempat difasilitasi untuk membuat pabrikblue energy oleh Sarana Harapan Indo (SHI) Corp. di daerah Cikeas, Bogor.

Namun, setelah diminta untuk memperagakan temuannya, Joko nggak bisa membuktikan omongannya yang bisa mengubah air menjadi bahan bakar minyak.

Bahkan, dirinya diketahui hanya menjiplak penemuan Joko Sutrisno asal Yogyakarta yang sebelumnya sudah dipublikasikan secara luas.

5. Ratna Sarumpaet - Insiden Pemukulan

Beberapa hari terakhir, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan foto kondisi Ratna Sarumpaet yang terlihat lebam-lebam pada bagian wajahnya.

Sebelumnya, wanita berusia 69 tahun ini mengaku bahwa lebam-lebam pada bagian wajahnya merupakan hasil tindak pemukulan oleh oknum yang nggak dikenalnya.

Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, lebam-lebam yang ada pada wajah Ratna Sarumpaet merupakan hasil operasi plastik sedot lemak pada pipinya.

Ratna Sarumpaet sendiri sudah memberikan klarifikasinya dan meminta maaf kepada publik dan pihak-pihak yang dirugikan kemarin (3/10), dan membenarkan bahwa lebam-lebam di wajahnya merupakan hasil dari sedot lemak bukanlah tindak pemukulan.

Baca Juga : Mikrofon Kejujuran Bikinan NatGeo Ini untuk Perangi Berita Hoaks

Nah itu dia sob5 kasus hoax yang sempat menggemparkan Indonesia.

Dari kasus-kasus di atas, kita bisa belajar untuk lebih bijaksana dalam menelan informasi, apalagi yang belum terbukti kebenarannya.

Daripada udah terlanjur ngegas ternyata salah, bakalan bikin malu nggak sih? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya