5 Kisah Pahlawan Indonesia yang Menarik Dijadikan Film Biografi

Kamis, 16 Agustus 2018 | 06:05

Pahlawan yang Punya Kisah Menarik Untuk Dijadikan Film Biografi

HAI-online.com -Pahlawan yang telah gugurdemi Indonesiamemang banyak dan semuanya memiliki kisah menarik masing-masing.

Beberapa kisah menarik pahlawan Indonesia sudah pernah diangkat ke layar lebar.

Contohnya saja Sang Bapak Proklamator kita diangkat menjadi film Soekarno, lalu ada juga film lain seperti Sang Kiai, Jenderal Soedirman, Kartini dan lain sebagainya.

Pahlawan-pahlawan lain juga punya kisah yang menarik untuk diangkat menjadi film, berikut beberapa diantaranya.

BACA JUGA:Sambut Hari Kemerdekaan, Ini 5 Film Biografi Tokoh Indonesia yang Wajib Lo Tonton!

1. Pangeran Diponegoro

Wikipedia

Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro terkenal karena memimpin perang Diponegoro/ Perang Jawa melawan pemerintahan Hindia Belanda. Perang Diponegoro merupakan perang terbuka dengan pengerahan pasukan-pasukaninfanteri,kavaleri, danartileri di kedua belah pihak berlangsung dengan sengit. Bayangin aja gimana kisah tersebut dijadikan film dengan efekvisual adegan perang yang menarik, seru deh pasti!

2. Bung Tomo

Wikipedia

Bung Tomo

Sutomo atau yang lebih dikenal dengan Bung Tomo adalah pahlawan yang terkenal karena peranannya dalam membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda melalui tentaraNICA. Peristiwa tersebut berakhir dengan Pertempuran 10 November 1945 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

3. Imam Bonjol

Wikipedia

Imam Bonjol

Imam Bonjol menunjukkan perlawanan heroik dalam Perang Padri yang terjadi di Sumatera Barat. Selama lima tahun, dia bersama pasukannya berhasil membuat penjajah kesulitan menghadapi Kaum Padri.

Hingga padaOktober 1837 pihak Belanda mengundangnya untuk berunding yang ternyata kemudian Imam Bonjol ditangkap dan dibuang ke Cianjur, Jawa Barat.

4. Sultan Hasanuddin

Tribun Kaltim

Sultan Hasanuddin

Pemimpin Kesultanan Gowa pada tahun 1653 sampai 1669 ini dijuluki Belanda sebagai "ayam jantan dari Timur" karena keagresifannya dalam pertempuran.

Selama periode tersebut Kerajaan Gowa menjadi satu-satunya kerajaan besar di daerah Timur yang belum dijajah oleh Belanda. Keren banget pasti tuh kalo dijadiin film, setuju nggak?

5. Dewi Sartika

Wikipedia

Dewi Sartika

Dewi Sartika adalah pahlawan wanita dari Jawa Barat tepatnya Tasikmalaya.

KisahDewi Sartika yang merupakan pegiat dan pelopor pendidikan bagi wanita di Indonesia tentu akan menarik untuk diangkat menjadi film. Ia juga dulu mendirikan sekolah wanita pertama di Hindia-Belanda. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya