Konser Kemanusiaan untuk Lombok Buktikan Musik Bisa Jadi Aksi

Sabtu, 11 Agustus 2018 | 12:57
Dewi Rachmanita/HAI

Konser Kemanusiaan untuk Lombok

HAI-Online.com -Bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Bali, dan sekitarnya bikin banyak orang bergerak cepat untuk membantu.

Nggak terkecuali para biduan, musisi, dan penggiat seni Indonesia. Kamis (9/8) lalu mereka bikin konsert amal bertajuk "Konser Kemanusiaan untuk Lombok".

Digelar di Cilandak Town Square, Jakarta, konser ini pun sukses menjadi saksi bahwa musik bisa jadi aksi. Dana yang terkumpul sendiri sampai Rp2,3 M!

Awal konser ini sendiri dari inisiasi Adib Hidayat dan Jerinx SID bikin penggalangan dana lewat situscrowdfundingKitabisa.

Lalu bersama Komunitas Biduan yang berisi sekitar 200 orang lintas usia dan Musik Bagus Day bergabung bersama merealisasikan "Konser Kemanusiaan untuk Lombok".

Dalam waktu hitungan hari aja, acara ini udah berhasil menggaet banyak pihak untuk gabung loh bro. Ini semua jadi indikator ada kepedulian dan empati yang sama terhadap musibah gempa bumi di Lombok dan sekitarnya.

"Mereka kan modalnya suara dan instrumen yang dimainkan. Mereka datang, nyanyi, akhirnya mudah. Mereka sangat antusias terlibat dalam konser ini," kata Adib.

Dewi Rachmanita/HAI

Konser Kemanusiaan untuk Lombok

Sebanyak hampir 200 penyanyi, artis, dan seniman meramaikan acara ini dari pukul 18.00 sampai 24.00. Secara bergantian mereka bernyanyi satu atau dua lagi.

Termasuk nih sob band yang diisi para menteri Indonesia, yakni Elek Yo Band.

Nggak tanggung-tanggung saat penampilannya, band yang terdiri dari Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Koordinator Staf Khusus Presiden RI Teten Masduki, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf kumpulkan donasi sebesar Rp2,2M.

"Teman-teman musisi semua bergerak sangat cepat untuk penggalangan dana. Waktu itu saat H+1 semua langsung bergerak. Ini efektif banget untuk mengumpulkan dana," ujar Andien yang juga ikut tampil di tengah acara.

Dewi Rachmanita/HAI

Konser Kemanusiaan untuk Lombok

Musik bisa jadi alat pergerakan sendiri dalam gelaran ini menurut Adib nggak terlepas nih dari rasa kepedulian para musisi yang tinggi.

Musik juga sesuatu yang mudah dan bisa jadi alat gerak yang cepat.

Just fyi,para musisi yang "ngamen" di konser ini nggak dibayar loh. Secara sukarela mereka datang dan menyumbangkan suara serta kemampuan musiknya untuk menggalang dana.

"Kita mengaharap yang pertama tentu kemampuan materil yang bisa disumbangkan untuk saudara kita di Lombok, tapi di luar itu saya rasa ada satu hal yang perlutouchyang datang pada malam ini yaitu rasa," kataTompi sebagai salah salah satu musisi yang gabung dalam konser ini.

Lebih lanjut, Tompi bilang nih kalau semua yang datang ternyata punya perasaan, kepedihan yang sama seperti masyarakat Lombok.

Nggak berhenti di situ aja bro gambaran kalau musik bisa jadi aksi. BersamaKolase.com,situscrowdfundingbidang musik para musisi juga turut serta bikinmerchandisekhusus yang hasil penjualnnya bakal didonasikan untuk masyarakat Lombok dan sekitarnya. Wah salut abis ya sob!

Lo juga bisa ikut berpartisipasi lewat Kitabisa dan Kolase ya. (*)

Editor : Al Sobry