Daftar Karakter dari Film Si Doel Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton Filmnya

Kamis, 02 Agustus 2018 | 19:43
Falcon Pictures

Poster Film Si Doel The Movie

HAI-Online.com - Film Si Doel The Movie yang akan rilis besok ternyata membuat banyak fans-nya nggak sabar. Buktinya, walaupun sinetron legendaris Si Doel Anak Sekolahan yang jadi pendahulu film ini udah berusia 12 tahun, ada seorang fans yang punya memori kuat soal jalan cerita sinetron itu.

Dia adalah Nuran Wibisono. Lewat akun Twitter-nya @nuranwibisono,jurnalis inimembuat sebuah thread khusus tentang jalan cerita sinetron legendaris itu, nostalgia tiap karakter dan kutipan yang terkenal, sampai silsilah keluarga Doel si tokoh utama.

Berikut rangkuman dari thread tersebut yang HAI kutip dari Kompas.com:

Mandra

Menurut @nuranwibisono, karakter Mandra adalah karakter terbaik kedua setelah Sabeni sang babe yang diperankan sama Benyamin Sueb. Mandra ini karakternya selalu sial, tapi ia menjalani hidupnya dengan santai, sob. Dia juga sering mengucapkan berbagai celetukan lucu yang asal tapi tajam dan seringkali emang benar.

Kong Ali (Pak Tile)

Kong Ali ini punya nama lengkap Muhammad Toyib, biasa dipanggil Kong Ali. Dia ini kakeknya si Doel sama Atun. Ayahnya Mak Nyak. Kong Ali orang asli Betawi, tuan tanah di Condet, dan terkenal genit juga suka godain cewek. Tapi doi juga setia banget sama istrinya yang udah meninggal.

Lela (Aminah Cendrakasih)

Lela ini adalah ibunya Doel dan Atun, istrinya Babe. Lela biasa dipanggil Mak Nyak sama Mas Karyo yang diperankan sama Basuki. Nama lengkapnya Nurlaela, dia ini anak pertama dari empat bersaudara. Mandra adalah adik Mak Nyak yang paling bungsu.

Babe Sabeni (Benyamin Sueb)

Babe Sabeni ini digambarkan sebagai orang yang konservatif. Dia menganggap kalau perempuan itu kerjaannya hanya di dapur, kalau sekarang sih pasti karakter Babe udah mendulang protes ya, sob hehehe. Tapi Babe juga setia dan cinta banget sama Mak Nyak. Dia juga sederhana, jujur, dan bangga banget sama si Doel.

Doel (Rano Karno)

Nah, si Doel ini adalah karakter utama sinetron ini. Dia adalah yang pertama dari keluarga Babe yang bisa menempuh pendidikan kuliah. Doel orangnya jujur, baik, dan penurut. Diceritakan dia punya kisah cinta yang agak rumit sob, sama Sarah dan Zaenab.

Atun (Suti Karno)

Atun ini adalah adik paling kecil dari Doel. Doi karakternya periang, nggak bisa diam, dan tomboi. Atun nggak suka sekolah, makanya dia lebih milih untuk ikut kursus rias dan akhirnya buka salon keliling.

Karyo (Basuki)

Mas Karyo ini adalah perantau dari Jawa Tengah yang ngontrak rumah milik Babe Sabeni. Karyo orangnya culas, suka memperalat Mandra, sok tahu, dan cemburuan. Tapi dia juga sosok yang bisa dewasa. Mas Karyo nantinya bakalan nikah sama Atun.

BACA JUGA:Video Klip Lagu 'Si Doel Anak Betawi' Dari Tahun 1972 Ini Keren Banget

Sarah (Cornelia Agatha)

Sarah ini adalah salah satu dari dua cewek yang terlibat asmara sama Doel. Doi pertama kali ketemu Doel pas mobilnya narbrak oplet Doel yang tiba-tiiba berenti. Sarah yang adalah mahasiswi antropologi ini sosoknya tegas dan pemberani.

Zaenab (Maudy Koesnaedi)

Zaenab ini teman masa kecil Doel dari lingkungan rumahnya. Zaenab suka banget sama Doel udah lama, tapi karena karakternya yang pasif, pemalu, dan pasrah, doi jadi susah banget ngejar Doel.

Fans Berat Sinetron Si Doel Anak Sekolahan

Nuran Wibisono mengaku membuat thread ini dalam rangka menyambut penayangan film Si Doel The Movie yang tayang hari ini, 2 Agustus 2018. Nuran sendiri adalah fans berat sinetron Si Doel Anak Sekolahan sejak dirinya duduk di bangku SD.

Nuran mengaku bahkan dirinya hapal banget silsilah keluarga tiap tokoh dalam sinetron. Itu semua berkat buku "Si Doel and Beyond: Discourse on Indonesian Television in The 1990s". Buku tersebut adalah tesis dari Klarijn Lovem di Universitas Leiden, Belanda.

Si Doel The Movie sendiri resmi tayang hari ini, 2 Agustus, di bioskop Indonesia. Film yang disutradarai sama Rano Karno ini berkisah soal Doel yang terbang ke Belanda bareng sama Mandra. Di sana ia malah ketemu Sarah yang ternyata pergi ninggalin Doel bertahun-tahun yang lalu tanpa alasan yang jelas.

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Editor : Rizki Ramadan

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya