Kisah Mantan Atlet Dayung Yang Kini Meniti Karier Sebagai Ojol dan YouTuber

Kamis, 19 Juli 2018 | 15:00
megapolitan.kompas.com

Haamim Rizaldhi, mantan atlet dayung yang menjadi YouTuber

HAI-Online.com -Seorang mantan atlet dayung Indonesia, Haamim Rizaldhi memiliki impian menjadiYouTuber setelah dirinya meninggalkan dunia keatletannya.

Demi mewujudkan impiannya tersebut, cowok yang sekarang berusia 20 tahun ini bekerja sebagai kurir barang di salah satu perusahaan ojek online buatan anak negeri untuk membiayai seluruh kebutuhan menjadi seorangYouTuber.

Awal Mula Karir Sebagai Atlet

Haamim Rizaldhi menceritakan bahwa cita-cita awal dirinya semenjakkecil adalah menjadi seorang atlet karena menurutnya profesi ini dituntut untuk disiplin, tanggung jawab, dan secara otomatis menyehatkan bagi tubuhnya.

Kesempatan menjadi seorang atlet muncul saat Haamim diajak ayahnya melihat sejumlah atlet dayung yang sedang berlatih di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

"Waktu itu masih SMP diajak bapak saya keliling Jakarta, lewat Sunter ada atlet dayung lagi latihan. Tertarik, unik, ada model duduk setengah jongkok, duduk, jalannya mundur. Atlet juga kan hidup teratur, jujur, disiplin, tanggung jawab, atlet juga kan sehat, makananya bergizi," ujar Haamim.

Ketertarikan Haamim pada cabang olahraga air itu ia sampaikan ke orangtuanyahingga akhirnya membuat mereka menemui pelatih atlet dayung dan menyampaikan niat Haamim.

Pada 2012, Haamim dikontrak dan tinggal di sebuah asrama khusus atlet dan dididik untuk menjadi seorang atlet profesional yang disiplinserta disekolahkan di SMA yang memang tempat berkumpul para atlet dayung.

CEK JUGA:Vaksinasi Influenza Bagi Atlet Indonesia Menuju Prestasi Puncak Asian Games & Asian Paragames 2018

Mendapatkan Medali Pertama

Haamim langsung memulai karirnya sebagai atlet dayung denganmanis setelah berhasil mendapatkan medali emas pada kanoing jarak 1.000 meter, dan mendapat perunggu pada jarak 500 meter dalam kompetisi Pekan Olahraga Provinsi se-DKI Jakarta pada 2013 mewakili Jakarta Selatan.

Prestasi itu membuat Haamim kian percaya diri untuk mengikuti kompetisi-kompetisi selanjutnya, seperti saatmembawa pulang medali perunggu dalam perlombaan dragoon boat di Padang, Sumatera Barat setelah mengalahkan sejumlah peserta yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Akhir Karir Sebagai Atlet Dayung

Sebelum mengikuti kejuaraan dayung Pekan Olahraga Pelajar Nasional di Jawa Barat,pelatih Haamim menyampaikan bahwa siapapun yang tidak mendapat medali akan dikeluarkan dari pelatihan.

Pada saat itu Haamim dan rekannya gagal membawa pulang medali dengan sangat terpaksa Haamim keluar dari tempat pelatihan.

Hal itu membuatnya sangat terpukul dan merasa saat itu merupakan masa sulit baginya.

"Waktu itu dia down banget, nangis. Tapi kami kan sebagai orangtua terus menguatkan biar anak ini enggak sedih terus," terang Hertin, yang merupakan ibu Hamim.

CEK JUGA:Hewan Nasional dari Berbagai Negara di Dunia, Dari Indonesia Apa Hayo?

Mengalihkan Minatnya menjadiYouTuber

Seusai memutuskan untuk nggak melanjutkan karir di dunia keatletan,Haamim yang suka menonton YouTube, kemudian memiliki pikiran menjadi seorang YouTuber.

Namun, doi menyadarijika membuat konten YouTubedengan alat yang seadanya tidak akan membuat channelnya dikenal, hingga akhirnya Haamim memutuskan untuk menjadi kurir di salah satu perusahaan ojekonline demi memenuhi kebutuhannya sebagaiYouTuber.

Dari pekerjaannya sebagai kurir, mantan atlet dayung ini mampu menabunguntuk membeli sejumlah peralatan seperti kamera, tripod, lighting, serta peralatan lainnya.

Haamim mulai serius menggarap channel miliknya, Haamim Rizaldhi dan kegiatan barunya itu mendapat sambutan positif dari sejumlah pihak meskipun belum terlalu menghasilkan pendapatan yang besar. Sekarang aja, jumlahsubscribers-nya udah mencapai 3.300

Untukmengembangkan karirnya, doi mengambil kuliah jurusan penyiaran di salah satu universitas swasta Jakarta.

"Sudah daftar juga di broadcasting, semoga nanti bisa mengembangkan karir di sana. Enggak hanya bikin YouTube, tapi bisa bikin film mungkin," ujar Haamim.

Keren banget ya sob si Haamim, semoga kalian bisa mengambil contoh-contoh baik dari mantan atlet dayung yang satu ini.

Inget, meskipun kalian gagal, bukan berarti itu akhir dari segalanya kok sob!

Editor : Rizki Ramadan

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya