Selamat Hari Kartini! Ini Kata 21 Cowok Tentang Kehebatan Para Cewek Yang bikin Salut

Sabtu, 21 April 2018 | 03:00
Fadli Adzani

Cewek juga pasti hebat!

HAI-ONLINE.COM -Setiap tanggal 21 April, biasanya di sekolah kita melakukan upacara, menyanyikan lagu yang bersajak, “Ibu kita Kartini, putri sejati. Putri Indonesia, harum namanya. Ibu kita Kartini, pendekar bangsa. Pendekar kaumnya, untuk merdeka.” Sebenarnya, siapa, sih, Kartini itu?

Raden Ayu Kartini nama panjangnya. Ketika kita mendengar namanya, hal yang teringat di benak kita adalah emansipasi wanita. Ia adalah seorang cewek kebanggaan bangsa Indonesia yang lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Kala itu, Indonesia masih dikenal dengan nama Hindia Belanda.

Ia memiliki seorang ayah seorang Bupati di kota kelahirannya, namanya Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Kartini lahir dari perut istri pertamanya, M.A. Ngasirah. Mereka adalah keluarga yang penting di tanah Jawa kerena dianggap sebagai priyayi atau kelas Bangsawan Jawa.

CEK JUGA:Cerita Alyssa Carson, Cewek 17 Tahun Yang Bakal Jadi Orang Pertama Yang Mendarat di Mars Pada 2030

Dulu, para cewek di zamannya sulit untuk berkembang dalam segi ilmu pengetahuan dan wawasannya. Mengapa? Karena mereka dikekang, dianggap hanya bisa melayani suaminya saja di rumah.

Kartini, yang selalu haus akan ilmu pengetahuan dan ingin cewek-cewek Indonesia berkembang, nggak suka dengan hal itu. Ia beranggapan kalau seorang cewek sudah sepatutnya memiliki hak yang sama dengan cowok, yang bisa bebas mencari ilmu pengetahuan dan memiliki derajat yang sama dengan kaum adam.

Maka dari itu, Kartini dianggap memiliki pemikiran yang melebihi zamannya. Hari demi hari ia habiskan untuk belajar, membaca hingga mengajari para kerabat kaum hawanya untuk bisa menulis hingga membaca. Bahkan ia juga mengidolakan wanita-wanita pemikir dari Eropa.

Ayahnya mengekang Kartini untuk melanjutkan sekolah, dan ia nggak boleh keluar rumah sampai menikah. Akhirnya, seorang cowok datang kepadanya dan menikahinya, ia adalah Raden Adipati Joyodiningrat. Untungnya, sang suami mendukung mimpi Kartini, makanya, ia bisa mendirikan banyak sekolah di berbagai daerah seperti Semarang, Surabaya dan kota-kota lainnya. Sekolah itu dikenal dengan Sekolah Kartini.

Di usia yang relatif muda, yakni 25 tahun, Kartini meninggal dunia pada tanggal 17 September 1904, sehari setelah melahirkan anak pertamanya, Soesalit Djojoadhiningrat.

Atas jasa-jasanya itu, Kartini dianggap sebagai pahlawan nasional menurut Keppres No. 108 Tahun 1964. Presiden Indonesia yang pertama, Soekarno, menetapkan hari lahirnya Kartini, yakni 21 April, untuk dirayakan setiap tahun untuk mengenang jasa-jasanya.

Sebagai cowok, sudah semestinya kita menghargai jasa-jasa sang Ibu Bangsa. Tanpa dia, bisa jadi banyak cewek di Indonesia tidak memiliki ilmu pengetahuan dan hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Nah, HAI udah mewawancarai 21 anak cowok SMA tentang sosok cewek hebat versi mereka seperti apa. Kenapa 21? Karena sama dengan tanggal kelahiran dari sang Ibu Bangsa.

1

"Cewek hebat itu seperti Brigadir Jenderal TNI Kartini Hermanus. Selain dapat mengatur anggotanya dengan baik, kerjanya juga bagus dan waktu untuk warga ada. Dia pernah memimpin Korps Wanita Angkatan Darat."

Muhammad Heykal Khadafi, SMAN 3 Jakarta

2

"Cewek itu hebat ketika diaenak buat diajak ngomong, nggak manja dan bisa mandiri. Yang terpenting, nggak harus cakep."

Yosep Mario Bertman, SMA Marsudirini Bekas

3

"Cewek hebat itu yang bertanggung jawab dan terbuka (open minded) serta cewek independen yang ingat kalau dia juga butuh teman."

Athllarik Rafi Falah, SMAN 6 Bekasi

4

“Cewek yang mandiri dan nggak bergantung sama orang lain. Kayak Fathia Izzati, dia hebat, inspiratif, bisa berbahasa Inggris dengan bagus, menguasai banyak aksen, main musiknya juga bagus, lucu lagi.”

Achmad Erlangga, SMKN 42 Jakarta

5

“Sosok cewek hebat itu bagi gue adalah cewek yang tau dan berani memperjuangkan haknya namun tanpa mengecilkan hak para cowok juga sehingga ada kesetaraan yang adil.”

Girvan Bhagaskara. SMAN 78 Jakarta

6

“Sosok cewek yang hebat itu, dia bisa berjuang untuk keluarganya tanpa lelah dan keluh kesah.”

Dhirga, SMAN 4 Jakarta

7

“Cewek yang hebat itu adalah cewek yang sadar akan dirinya dan berani membuat sesuatu yang besar tanpa memikirkan siapa dia, just do something big dan tentunya merubah banyak hal.”

Damian Sallis, SMA Kolese De Britto Yogyakarta

8

“Sosok cewek yang hebat itu adalah cewek yang peduli dengan sekitarnya, nggak Cuma mementingkan dirinya sendiri. Kayak Ibu Kartini, dia punya kesempatan buat belajar di sekolah nggak kayak cewek lainnya waktu itu, tapi dia nggak mementingkan dirinya sendiri; ilmunya ia sebarkan demi masa depan teman-teman dan tentunya, Indonesia.”

Dewa, SMAN 9 Semarang

9

“Cewek yang hebat itu cewek yang dalam hatinya punya komitmen hidup untuk dirinya secara baik. Ketika punya komitmen baik di hidupnya, otomatis dia sulit untuk terpengaruh sama hal negatif.”

Fahrezza Idham, SMA Mu’allimin Yogyakarta

10

“Cewek hebat itu adalah cewek yang mandiri dan cerdas, yang suka terhadap hal baru dan selalu merasa tertantang untuk melakukan sebuah aksi yang luar biasa demi kemajuan dirinya, negara dan dunia secara umum. Cewek yang seperti itu seksi banget.”

Duto, SMAN 5 Semarang

11

“Sosok cewek hebat adalah cewek yang tidak pernah memandang apakah pekerjaan itu pantas untuknya atau nggak. Cewek yang mau bekerja keras dan tidak hanya berdiam diri dengan segala situasi yang ada sehingga mampu menciptakan karya-karya dan kerja nyata yang membuahkan hasil.”

Jordy Wahyudiningrat, SMKN 2 Kasihan

12

“Sosok cewek hebat itu yang berani dan pintar biar nggak dipandang rendah sama kaum laki-laki.”

Daffa Dzakwan, MAN 2 Jakarta

13

“Sosok cewek hebat itu yang beranin menentukan hidupnya sendiri, nggak terkekang sama paradigm cewek yang ujungnya ada di dapur doang.”

Alif Fairuz, SMAN 2 Tangerang

14

“Semua cewek itu hebat, tapi ada beberapa yang menurut gue hebat banget, mereka bisa bertanggung jawab atas semua perbuatannya, berani memulai duluan dan yang penting berani meminta maaf jika itu kesalahan dia, bukan menyalahkan kaum cowok.”

Effendi, SMAN 1 Babelan

15

“Menurut saya, cewek hebat itu cewek yang mandiri, karena hebat kan kalo cewe juga bisa mandiri, nggak Cuma cowok. Cewek yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, ketika nggak sanggup, mereka nggak gengsi untuk minta tolong. Itu hebat banget menurut gue.”

Galih Andhika Arya Putra, SMAN 1 Babelan

16

“Sosok cewek yang hebat itu bisa melakukan lebih dari yang ia bisa.”

Farhan Achamad Fajari, SMAN 1 Cibinong

17

“Perempuan itu hebat karena mereka sebenernya lebih kuat daripada cowok. Perempuan bukan mahluk cengeng, yang sedikit-sedikit ngambek tanpa ada alasan yang logis untuk diterima akal manusia.”

Bintang Putra, Institut Teknologi Nasional (2017)

18

“Menurut gue perempuan itu hebat jika perempuan bisa sejajar atau bahkan bisa ngelakuin secara lebih hebat dari apa yang dilakuin laki-laki. Nggak jarang juga pikiran seorang perempuan bisa menggerakkan banyak orang. Seperti yang dilakuin ibu Kartini dengan "Habis Gelap Terbitlah Terang"-nya dan beberapa penulis maupun novelis perempuan di Indonesia.”

Ahmad Alif, SMAN 5 Surabaya

19

“Perempuan itu hebat karena dia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk orang yang ia kasihi atau orang-orang di sekitarnya dalam keadaan apapun.”

Daifak, Institut Seni Indonesia (2017)

20

“Perempuan itu hebat ketika dia bisa menjadi dirinya sendiri, berani, dan bertanggung jawab kepada dirinya sendiri.”

Aqib Daffa, SMAN 1 Pati

21

“Perempuan hebat itu buat gue perempuan yang bisa mencintai dirinya sendiri dan jadi dirinya sendiri. Mereka hebat karena pada dasarnya emang hebat, sih. Kemandirian, keberanian, dan ketulusannya udah bikin mereka jadi perempuan hebat. Apalagi, mereka punyasense"keibuan" itu yang hanya dimiliki oleh mereka!”

Nabyl Rahardjo, Universitas Padjajaran Bandung (2017)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya