Ini Dia 3 Turnamen Sepak Bola Cewek di Indonesia yang Nggak Kalah dengan Cowok

Senin, 05 Maret 2018 | 12:45
Hai Online

Pro:Direct Academy Indonesia

HAI-Online.com -Cewek juga bisa loh main bola, bahkan bertanding di ajang nasional. Skill-nya tentu nggak kalah jago dengan lo yang cowok-cowok. Malah perlu waspada, bisa-bisa lo bisa kalah tanding bareng mereka.
UDAH TAU BELUM?Ini Dia 7 Pemain Naturalisasi Baru yang Siap Bela Timnas Indonesia
HAI udah rangkum nih, 3turnamen sepak bola khusus cewek di Indonesia yang nggak kalah dengan cowok
1. Paradise Cup
Turnamen ini diselenggarakan oleh Gobolabali Foundation di Bali bersama dukungan dari Kemenpora dan Asosiasi PSSI Provinsi Bali. Paradise Cup sendiri pun menjadi turnamen sepak bola wanita pertama yang digelar di Bali tersebut. Pada Paradise Cup 2018 lalu, pertandingan berlangsung dari 23-25 Februari 2018 di Lapangan Tri Sakti Legian, Bali. Ada lima tim nih yang ikut, yaitu Jakarta 69, Pro Direct Jakarta, PFA Bali, Persijap Kartini Jawa Tengah, dan Evolution Jawa Timur.
Nggak cuma sekadar menggelar pertandingan sepak bola wanita, Paradise Cup juga mengemata sepak bola yang berbasis android danweb systemloh. Selain itu, ada penilaian yang berbasis android.
Pada Paradise Cup 2018 lalu, Jakarta 69 keluar dari juara, disusul oleh Persijap Jawa Tengah dan Pro Direct Jakarta. Turnamen ini juga mengapresiasi semua pososi, yaitu kiper terbaik, pemain bertahan terbaik, pemain tengah terbaik, danstrikerterbaik.
2. Pertiwi Cup
Turnamen ini merupakan gagasan dari PSSI bro. Ini juga menjadi turnamen wanita tertinggi di Indonesia loh. Selain itu, turnamen ini juga jadi ajang persiapan PSSI menuju Asian Games 2018 sekaligus seleksi Timnas Wanita Indoensia itu sendiri.
Pada 2017 lalu, Pertiwi Cup diadakan di Palembang, Sumatera Selatan, tepatnya di Stadion Atletik Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya. Diadakan pada 2-14 Desember lalu, Pertiwi Cup 2017 hadir bertajukWomen's Football Road To Asian Games 2018dan diikuti 12 tim dari 12 provinsi di Indonesia.
Ada empat grup nih dalam Pertiwi Cup 2017 lalu, yaitu Grup A (Kalimantan Barat, Jambi, dan Jawa Barat), Grup B (Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan D.I. Yogyakarta), Grup C (Bengkulu, Papua, dan Bali), dan Grup D (Banten, Bangka Belitung, dan Jawa Tengah). Dari 12 tim ini, perwakilan dari Papua yang jadi juara setelah mengalahkan tim Papua dengan skor 2-1.
3. Bengawan Cup
Telah digelar beberapa kali, Bengawan Cup menjadi salah satu turnamen sepak bola perempuan di Indonesia yang patut diperhitungkan. Lewat turnamen ini, PSSI menjadikannya sebagai bentuk kampanye sepak bola wanita di Indonesia loh bro. Peserta Bengawan Cup sendiri ialah beragam klub sepak bola. Jadi, beda dengan Pertiwi Cup ya yang pesertanya merupakan perwakilan daerah.
Pada 2017 lalu, Bengawan Cup hadir ketiga kali bertajuk Nendia Primarasa. Turnamen ini diselenggarakan kembali di Solo, Jawa Tengah, tepatnya di Stadion R. Maladi Sriwedari pada 17-24 Desember 2017. Dalam Bengawan Cup III 2017, ada tujuh tim, yaitu Persijap Kartini Jepara, Putri Kediri, Siliwangi FC Bandung, PSW Mataram, Jakarta 69, Football Plus Bandung, dan tuan rumah Putri Surakarta.
Sistem yang digunakan ialah, tim-tim tersebut dibagi menjadi dua grup, yaitu Grup A (Putri Surakarta, Jakarta 69, Siliwangi FC, dan Putri Kediri) dan Grup B (Putri Mataram, Perijap Kartini Jeparan, dan Football Plus). Tiap pemenang grup akan beadu di puncak danrunner-upakan memperebutkan juara ketiga.
Dalam Bengawan Cup III 2017 lalu, PSW Mataram jadi juara setelah mengalahkan Putri Kediri dengan skor 1-0. Sedangka peringkat ketiga direbutPerjiap Kartini, disusul Jakarta 69. Setelahnya ada tim Football Plus, Siliwangi FC, dan Putri Surakarta.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya