Sekarang Di Spotify Kita Bisa Tahu Produser dan Penulis Lagu

Selasa, 06 Februari 2018 | 06:15
Rizki Ramadan

Spotify

HAI-online.com -Kalau selama ini saat mendengarkan lagu di Spotify kita cuma bisa liat judul, artis, album, dan sedikit informasi lainnya dari sebuah lagu. Sekarang, Spotify hadirkan sebuah fitur baru loh. Lo bisa cek langsung siapa produser dan penulis lagu di balik musik yang sedang lo dengar versi desktop.

Pihak Spotify sendiri dilansir dariPitchforkbilang kalau semakin banyak mereka berbagi informasi, semakin banyak pula kesempatan yang bisa mereka bantu cipatakan buat penulis lagu.Tujuannya memang menurut Tifanny Kumar selaku Global Head of Songwriter Relations untuk meningkatkan pencipta lagu dan visibilitas produser serta pada gilirannya menciptakan penemuan baru di antara kolaborator baru, mitra industri, dan penggemar.
Enggak heran kalau Spotify akhirnya rilis fitur baru ini. Pasalnya memang makin marak tuntutan hukum dari para perusahaan rekaman dan penulis lagu gara-gara Spotify menggunakan lagu mereka tanpa lisensi atau kompensasi yang seharusnya.
Contohnya aja dari tuntutan itu terjadi dari Wixen Music Publishing, sebuah perusahaan yang publikasi beragam musisi terkenal seperti Missy Elliot, Tom Petty, daan Neil Young. Perusahaan tersebut menggugat Spotify ke pengadilan federal California, Amerika Serikat pada akhir tahun lalu, tepatnya 29 Desember 2017. Hal ini terjadi lantaran Spotify disinyalir menggunakan ribuan lagu tanpa memenuhi syarat lisensi yang tembus sampai sekitar Rp21 triliun!
Sebelumnya fitur adanya nama produser dan penulis lagu yang serupa ini juga hadir dalam aplikasi Tidal loh bro. Tidal juga merupakan layanan musikstreamingyang bisa jadi alternatif pula di masyarakat selain menggunakan Spotify, Joox, atau Pandora. Tentu saja, langkah berbagai layanan musikstreamingini sudah seharusnya memang ada sesuai aturan lisensi yang berlaku sekaligus apresiasi terhadap tiap orang yang berperan di balik sebuah lagu.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya