Ini 5 Tempat Wisata Unik di Indonesia yang Disukai Wisatawan Manca Negara

Senin, 15 Januari 2018 | 04:00
Rizki Ramadan

Danau Tiga Warna, Gunung Kelimutu.

HAI-online.com -Mengunjungi suatu negara untuk berwisata pastinya seru banget dong ya. Nah, ternyata banyak banget nih wisatawan manca negara yang mengunjungi tempat wisata di Indonesia. Eits, tapi bukan sembarang tempat wisata nih guys. Selain tempatnya yang indah, beberapa tempat wisata ini juga ada yang terlihat menyeramkan lho. Yuk, langsung cek aja!

1. Kawah Ijen

Terletak di Ijen, Banyuwangi. Kawah ini unik banget, yaitu terdapat api biru (blue fire) yang muncul secara alami. Api biru ini bisa dilihat saat dini hari setelah menempuh jalur trekking. Saat trekking ini, kamu juga bisa melihat aktivitas para penambang belerang yang berjuang untuk mengangkut belerang berukuran besar dan sangat berat.

BACA JUGA:Dari Taman Neraka Sampai Museum Rambut, Inilah 5 Tempat Wisata Antimainstream Di Dunia.

2. Danau Tiga Warna, Gunung Kelimutu

Terletak di kawah Gunung Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau ini punya keunikan karena warnanya yang bermacam-macam yaitu biru, putih, dan merah. Pada waktu tertentu warna ketiga danau ini pun dapat berubah menjadi hijau, hitam, atau biru. Semua tergantung pada kondisi cuaca dan kandungan airnya.

Masyarakat setempat sangat menghormati Danau Tiga Warna karena percaya kalau tempat ini jadi tempat kembalinya arwah orang yang telah meninggal dunia.

3. Danau Kakaban

Terletak di Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau Kakaban merupakan danau air tawar yang dihuni oleh ubur-ubur nggak beracun. Terbentuk sejak zaman pra-sejarah, danau ini dikelilingi tebing karang yang terjal dan danau ini adalah air laut yang terperangkap sejak 2 juta tahun yang lalu.

Seiring berjalan waktu, air berubah menjadi tawar dan ubur-ubur yang enggak bisa kembali ke laut berevolusi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hanya ada dua danau yang dihuni ubur-ubur tak beracun ini, yaitu Kakaban dan danau yang berada di Pulau Eil Malk, Palau.

4. Kuburan Bayi Passiliran

Terletak di Tanah Toraja. Pemakaman unik ini ditujukan khusus untuk bayi yang meninggal dunia. Jasad-jasad bayi gigi dikubur di dalam Pohon Tarra, tepatnya di sebuah tempat bernama Kambira.

Alasan jasad dikuburkan di bawah Pohon Tarra karena pohon ini punya banyak getah yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu. Kepercayaan di sana adalah penguburan ini dapat mengembalikan bayi ke dalam rahim ibu untuk dilahirkan kembali.

5. Pemakaman Trunyan

Terletak di Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Pemakaman ini terlihat unik tapi juga tampak sedikit mengerikan. Kenapa begitu? Karena jenazah-jenazah orang yang meninggal dunia bukan dikubur dalam tanah, melainkan diletakkan begitu saja di atas tanah serta ditutupi kain putih.

Hal unik dari pemakaman ini adalah nggak tercium sedikit pun bau busuk akibat jasad tersebut. Alasannya karena ada pohon yang bernama Taru Menyan yang dapat menyerap aroma tidak sedap dari jasad di sana.

Kalau menurut kamu sendiri, lebih suka ke tempat wisata yang mana nih?

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Rizki Ramadan

Sumber : travel.tribunnews.com

Baca Lainnya