Ini Cerita 5 Ibu yang Membesarkan Rockstar, Apa yang Dikatakan Ibunya Kurt Cobain Bikin Terharu!

Jumat, 22 Desember 2017 | 00:30
Fadli Adzani

Kurt Cobain bersama ibunya ketika ia sedang menggendong Frances Cobain

HAI-ONLINE.COM - Hari ini, tepatnya tanggal 22 Desember, kita semua merayakan Hari Ibu. Banyak yang bisa dilakukan lho untuk merayakan hari ibu, seperti memberikannya bunga atau sekedar pelukan yang pastinya bisa membuat ibu kita bahagia.

Dalam artikel ini, HAI akan membahas tentang ibu-ibu yang membesarkan lima rockstar papan atas dunia!

Dave Grohl (Foo Fighters, Nirvana)

Dave Grohl saat remaja bersama ibunya (foto: Courtesy Hodder)
Dave Grohl dan ibunya, Virginia, merupakan salah satu contoh hubungan keren antara rockstar dan ibu kandungnya.

Virginia tinggal di Los Angeles, nggak mau jauh-jauh dari kedua anaknya, Dave dan juga Lisa.

"Sangat asik membesarkan Dave. Emang, sih, ia melakukan banyak hal bandel, namun aku tidak pernah melihat dia sebagai anak yang nakal," paparnya, seperti dikutip The Guardian.

Virginia dan ayahnya Dave cerai pada pertengahan tahun '70-an. Virginia pun harus menjadi seorang ibu yang membesarkan Dave seorang diri.

"Ibuku sering membuatkanku roti cinnamon hangat dan menghangatkan bajuku setiap musim dingin tiba," papar Dave.

Dave dikenal sebagai anak yang nakal dan nggak patuh sama guru di sekolah. Virginia pun adalah seorang guru. Dave memang memilih hidup di jalur musik sejak kecil. Ketika umurnya mencapai 17 tahun, ia pun diajak tur keliling Eropa oleh band punk bernama Scream, dan Virginia mendukung karena dia percaya pada anaknya.

Anthony Kiedis (Red Hot Chilli Peppers)

Anthony Kiedis dan ibunya
Anthony Kiedis merupakan salah satu frontman yang paling nyentrik dalam sejarah musik puck, funk dan juga rock. Sebagai vokalis Red Hot Chilli Peppers, ia sangat dikagumi oleh banyak orang di dunia.

Namun, nggak banyak yang tahu kalau dia memiliki masa yang kelam. Ia sangat dikelilingi oleh kehidupan yang keras, sehingga ia menjadi pecandu narkoba.

Akhirnya, karena ia sangat candu dengan obat-obatan terlarang, ia dikeluarkan dari band-nya sendiri pada tahun 1986. Padahal, saat itu, Red Hot Chilli Peppers baru saja tanda tangan kontrak dengan EMI.

Namun, seorang malaikat di hidupnya datang untuk membantunya. Ia adalah Margaret Noble, yang nggak lain adalah ibu kandungnya.

Margaret membantu Kiedis menghilangkan obat-obatan terlarang dalam hidupnya. Akhirnya, Kiedis diterima kembali di Red Hot Chilli Peppers.

Mac Demarco

photo by jason lester
Mac Demarco merupakan salah satu rockstar di kalangan musik indie di Amerika Serikat dan juga Kanada. Ibunya, Agnes Demarco, merupakan seorang ibu yang sangat suportif terhadap kegiatan anaknya, apalagi masalah musik.

Mac ditinggalkan oleh ayahnya ketika ia baru berusia 4 tahun, membuat Agnes harus melakukan segalanya demi menjaga Mac aman.

Untuk merawat Mac, Agnes berkerja di restoran dan juga toko furnitur. Dengan uang yang ia hasilkan, Agnes mendukung penuh kecintaan Mac terhadap musik, bahkan sering nyupirin Mac ke gigs.

Nggak hanya itu, hingga sekarang, ketika anaknya sudah terkenal, Agnes masih sering nemenin Mac tur keliling dunia.

Mark Hoppus (blink-182)

Mark Hoppus bersama ibu dan istrinya
Kalau nggak ada izin dari ibu Mark Hoppus, mungkin ia nggak akan membentuk blink-182 bersama Tom Delonge dan Scott Raynor.

"Suatu hari aku mengatakan bahwa blink-182 akan sukses, namun aku nggak tau harus apa di sekolah," ujarnya kepada sang ibu, Kerry Wernz.

"Anakku, kamu memiliki waktu seumur hidup untuk kembali ke sekolah, namun ini adalah satu-satunya kesempatanmu untuk ngeband!" papar sang ibu.

Kurt Cobain (Nirvana)

Kurt Cobain bersama ibunya ketika ia sedang menggendong Frances Cobain
Sebagai anak kecil, Kurt Cobain merupakan anak yang periang, senang membantu sesamanya yang sedang kesulitan. Ia juga sering keliling perumahan dimana ia tinggal dengan sepeda dan memainkan drum Mickey Mouse yang dibelikan orang tuanya.

Ibunya, Wendy Elizabeth, merupakan seorang pelayan di restoran, yang menikah dengan seorang teknisi mobil bernama Donald Leland Cobain.

Namun, Donald pergi meninggalkan Wendy dan juga Kurt Cobain ketika umurnya masih 9 tahun.

Pada saat itulah, Cobain berubah. Yang dulunya periang, menjadi pendiam.

Ketika Kurt Cobain sudah terkenal, dan Nirvana mengeluarkan album Nevermind, sang ibu bangga dengan Kurt namun ia sedikit takut kalau Kurt kewalahan mengatasi kepopuleran.

"Aku senang ia sukses dan bisa mencari uang sendiri untuk hidup. Namun itu terlalu berlebihan buat dia. Itu bisa membuat dia kewalahan," paparnya pada Pitchfork.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya