Menggeluti Saksofon Sejak SD, Kini Pelajar SMK ini Banyak Dapet Prestasi dan Rezeki Dari Hobinya

Selasa, 21 November 2017 | 03:15
Rizki Ramadan

Willy, Saxophonist dari Jogja

HAI-online.com - Kenalin nih bro temen gue yang namanya Jerry Todo William Asiatno Hutabarat. Dia adalah salah satu player saxophone yang bisa bikin hati cewek luluh dengan alunan nada yang dihasilkan oleh saxophone yang dia mainin.

Dan kerennya lagi dia bukan cuma jago main saxophone dia juga jago main piano, gitar, dan bass. Wah,udah keren, ganteng, jago lagi main alat musik, dan dia juga nggak sombong dan ngga pelit berbagi ilmu ke temen-temen,dan dia sangat welcome buat orang yang pengen sharing-sharing tentang musik sama dia.Penasaran nih sama hasil wawancara gue sama dia.

(BACA:7 Sneakers Jadul yang Masih Banyak Dipakai Remaja Sampai Sekarang)

Kenalin diri lo secara singkat dong,Willy!

Halo, gue Jerry Todo William Asiatno Hutabarat.Lahir di Bekasi,12 Desember 2000. Sekarang gue sedang mengemban pendidikan di Sekolah Menengah Musik Yogyarkarta (SMKN 2 Kasihan Bantul), dengan instrument major Saxophone. Jauh-jauh merantau dari Temanggung dan LDR sama orangtua dan keluarga demi memperdalam ilmu ku dibidang musik demi mencapai cita-cita.

Sejak kapan mulai main saxophone dan bagaimana perkenalan lo dengan saxophone?

Main saxophone mulai dari kelas 6 SD dan perkenalannya itu dari guru les piano gue dan kebetulan dia juga pemain saxophone, awalnya gue les piano sama dia sekitar 5 tahunan dari kelas 1 SD, pas kelas 6 SD udah agak jenuh dengan piano, terus gue suka ngeliat dia main saxophone di rumahnya dan dari situ gue mulai tertarik sama saxophone.

Dimana kesulitan lo saat belajar saxophone?

Kesulitannya itu yang di permainan tangga nada ketika ngeband, karena instrument saxophone kan IN ES jadi beda dari instrumen yang IN Natural seperti piano,gitar,bass,dan lain-lain.

Bagaimana tahap-tahap lo berlatih saxophone di keseharian dan berapa jam sehari lo berlatih?

Biasanya tuh gue mulai latihannya tuh dari pagi-pagi gue biasanya long tone atau nada panjang sekitar 20 menitan gitu jadi gue biasanya jam setengah tujuh pagi udah di sekolah buat long tone sebelum masuk jam pelajaran, dan siang gue latihan senam jari terus dilanjutin dengan baca etude dan terakhir ya belajar mainin lagu-lagu gitu.Dan jujur gue termasuk pemain saxophone yang males sih hehe, tapi porsi latihan gue minimal sekitar 2-3 jam lah.

Suka Duka lo menggeluti saxophone apa aja sih?

Suka duka sih banyak ya selama gue menggeluti saxophone, kalo sukanya sih gue seneng aja gitu dapet job manggung, dapet temen baru, dapet pengalaman baru disetiap performance. Kalo dukanya sih pernah dulu saxophone gue pernah jatuh terus ada bagian yang lepas dan bocor,jadi nggak bisa dipakai jadi harus dibawa ke tukang servis dan gue harus sabar nungguin si doi sembuh dan biaya buat benerinnya juga lumayan mahal. Hehe.

Lo udah manggung dimana aja nih selama jadi pemain saxophone dan sering manggung di mana?

Gua udah manggung di beberapa daerah sih di seputar Jawa, di Temanggung, Magelang, Jogja,dan kemaren main di Jakarta di hari kesaktian pancasila di lubang buaya. Dan sekarang gue lebih banyak job manggung di acara wedding gitu.

Ceritain dong sedikit pengalaman lo main saxophone yang paling berkesan.

Pengalaman paling berkesan yang paling gua kenang pas festival FSI, jadi itu festival sekolah musik seJawa-Bali.Saat itu Yogja jadi tuan rumah dan band SMM Yogyakarta yang mewakili Jogja, di festival itu hampir semua pesertanya ada pemain saxophone-nya, gue juga masih kelas X dan saingan-saingan gue rata-rata kelas XII semua,terus band gue jadi peserta pertama waktu itu band gue mainin 3 lagu, pas main lagu kedua keyboard-nya error jadi fals untung kita tenang bisa nyesuain gitu, padahal pas gue solo jadi gue harus nyesuain keyboard yang fals itu, dan untungnya pas lagu ketiga keyboard-nya udah ngga error lagi, dan untungnya lagi band gue masih bisa dapet juara 2 waktu itu,jadi band gue kalah sama band sekolah musik bandung.Itu pengalaman yang paling berkesan menurut gue.

Siapa sih saxophonist idola lo?

Saxophonis idola gue Eric marienthal

Harapan atau cita-cita lo kedepan apa?

Harapan gue sih gue bisa terus semangat buat latihan terus, selalu sadar akan kekurangan gue dan terus berusaha buat memperbaiki permaianan gue,dan gue punya cita-cita jadi player saxophone yang professional dan terkenal di internasional.

Lo ada pesan ngga buat mereka yang mau belajar saxophone?

Pesen gue buat mereka yang mau belajar saxophone sih latihan yang sungguh-sungguh, tekun, semangat, terus merasa bodoh biar mau belajar terus,selalu koreksi kekurangan biar bisa memperbaiki terus,jangan ngeluh,nikmatin aja setiap prosesnya,jangan mudah nyerah karena ngga ada hasil yang mengkhianati usaha.

Kasih temen-temen itu sedikit kata motivasi dong biar tambah semangat!

Teruslah berlatih dengan tekun,tetap semangat apapun situasi dan kondisinya,jangan menyerah,teruslah berjuang untuk menjadi yang terbaik,karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil,dan jangan lupa berdoaJ.

Jadi, guys, jangan mau kalah sama prestasi dari Willy ya! Gue yakin kok bahwa kalian juga bisa berprestasi kaya Willy, dengan adanya niat dan usaha kalian pasti bisa kok kaya Willy, ayo semangat terus dalam mencapai cita-cita dan jangan menyerah, karena bener yang dibilang Willy bahwa nggak ada usaha yang mengkhianati hasil. Goodluck!

Penulis: Jordy Wahyudiningrat- SMKN Kasihan

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya