Anak Magang Wajib Tau, Ini 10 Kesalahan yang Nggak Boleh Dilakukan Saat Magang di Perusahaan

Rabu, 11 Oktober 2017 | 07:30
Hai Online

Magang itu Penting

Kesempatan magang jadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh anak kuliahan. Maklum, dari magang, kita bisa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang didapat dari kantor atau perusahaan idaman.

Namun, magang nggak boleh sembarangan. Persiapannya juga harus matang. Alasannya jelas, kita nggak cuma bisa mendapatkan nilai bagus saat proses magang, tapi juga berkesempatan untuk menjadi karyawan dari tempat kita magang.

Itu sebabnya, kita harus bikin CV sebagus-bagusnya. Namun, CV bukan jadi satu-satunya hal yang harus diperhatikan buat kita yang pengen magang. Biar proses kerja magang kita jadi lebih maksimal, HAI udah merangkum beberapa hal yang nggak boleh dilakukan selama magang. Penasaran?

Nggak Minta Feedback

Namanya juga kerja magang, proses itu kita ikuti nggak cuma untuk memenuhi nilai perkuliahan, tapi juga untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Nggak ada salahnya kalau kita meminta feedback dari apa yang sudah kita kerjakan. Dengan meminta feedback, kita jadi bisa tahu apa kesalahan dan apa yang harus kita lakukan biar kesalahan itu nggak terulang.

Banyak Tanya!

Bertanya atau meminta feedback memang sangat dianjurkan. Tapi kalau bertanya tiap kita mendapatkan kesulitan dengan intensitas waktu yang cukup sering, itu bisa mengganggu orang yang kita tanya. Belajarlah dengan cepat, sehingga nggak perlu terus bertanya ke senior di kantor.

Soalnya, karyawan punya target dan deadline yang ketat dari perusahannya. So, kalau mau bertanya, mendingan kumpulin dulu semua pertanyaannya biar nggak menyia-nyiakan waktu senior kita.

Simak juga: Indonesia Targetkan Tuan Rumah MotoGP Tahun 2019

Berpikiran Akan Ditawari Kerjaan

Nggak salah kalau kita punya pikiran kalau kita akan ditawarkan pekerjaan setelah lulus magang. Soalnya, nggak menutup kemungkinan kalau kerja kita bagus, kita akan mendapatkan ‘golden ticket’ tersebut. Namun, jangan terlalu berharap. Kalau nggak kesampaian, bikin sakit hati, sob!

Terlambat

Buat lo yang punya bakat terlambat di sekolah atau kuliah, mendingan kurangin dari sekarang. Terlambat yang dimaksud di sini punya banyak arti, yaitu terlambat datang ke kantor dan terlambat mengerjakan tugas. Apapun itu, sebisa mungkin kita jangan terlambat atau bahkan absen tanpa alasan yang jelas. Hal itu jelas nggak profesional!

Cuek

Perusahaan dikelilingi oleh banyak orang yang memang ahli di bidangnya. So, manfaatkan itu semua, dan kenali orang-orang tersebut lebih jauh. Jangan memikirkan diri sendiri, hanya datang untuk kerja, terus pulang. Suka nggak suka, kerja magang adalah awal dari perjalanan karir kita di masa mendatang.

Malas

Ini, nih, satu hal yang paling nggak boleh dilakukan sama anak magang, selain terlambat. Yap, malas jadi kesalahan besar di tempat magang. Kita magang untuk mendapatkan ilmu, pengalaman, dan ‘jaringan’ baru, bukan buat ajang pamer di sosmed atau bahkan buat sekedar numpang internetan gratis.

Simak juga: Ini Dia 5 Mitos Seputar Penis yang Paling Sering Beredar di Tongkrongan

Bersikaplah aktif selama magang. Soalnya, kita dinilai nggak cuma dari hasil kerjaan yang sudah kita kerjakan, tapi juga dari keseriusan kita selama magang.

Menolak Kerjaan

Nah, ini masih ada hubungannya dengan malas. Karena satu atau dua hal, nggak sedikit anak magang yang kerap menolak kerjaan yang diberikan dari seniornya. Padahal, nggak menutup kemungkinan lewat kerjaan yang kadang terkesan sepele itulah senior ingin menguji kesungguhan kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Nggak Mencerminkan Perusahaan

Meski magang, bukan berarti kita boleh berindak atau berpakaian kayak di dunia perkuliahan. Ingat, kita sudah masuk dalam lingkungan kerja yang profesional. Sebisa mungkin, kita harus bersikap seperti perwakilan dari perusahaan.

Tunjukkan perilaku profesional, terutama saat menghadiri acara-acara atas nama perusahaan. Perilaku yang baik akan jadi nilai plus buat kita, karena nggak menutup kemungkinan kalau kita akan mendapat rekomendasi yang baik dari senior di kantor.

Bikin Kesalahan Sama

Namanya juga anak magang, jadi nggak ada salahnya kalau kita bikin salah. Namun, jangan sampai keseringan apalagi sampai melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Dengan mengulangi kesalahan yang sama, kita jadi nggak belajar dari kesalahan itu, tapi justru akan berbalik dna menjadikan masalah buat kita. Nah, hal itu juga akan menunjukkan bahwa kita malas untuk belajar. Duh!

Nggak Punya Informasi

Sebelum memutuskan untuk magang ke mana, sebisa mungkin bekali diri kita dengan berbagai pengetahuan soal tempat kita magang. Pengetahuan itu bisa nggak cuma tentang perusahaan aja, kita juga bisa cari tahu tentang pekerjaan yang akan dijalani. So, mulailah cari informasi soal tempat magang idaman sekarang juga!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya