Nggak Banyak Yang Sadar, Di 5 Anime Ini Ada Unsur Indonesianya Lho

Senin, 12 Februari 2018 | 12:31
Alvin Bahar

Dragon Ball

HAI-online.com - Semakin banyak komik atau anime Jepang yang beredar, maka pilihan cerita untuk digarap para pengarang juga akan semakin sedikit. Akhirnya para pengarang komik atau anime baru pun mulai mencari sumber referensi di negeri lain.

Mereka akan mencoba mengombinasikan referensi yang didapat dari negara lain dengan teknik menggambar ala Jepang. Hasilnya, banyak anime menarik yang mengadaptasi budaya dari negeri selain Jepang juga.

Indonesia pun tak luput dari hal itu. Negeri yang kaya akan sumber daya alam dan hasil lautnya ini juga pernah jadi referensi beberapa animasi terkenal dari Jepang.

Nah, penasaran apa saja yang diadaptasi dan ada di anime mana? Simak ulasan Tribunstyle berikut ini.

1. Selamat pagi dan selamat malam di Nichijou

Nichijou merupakan anime komedi karya Keiichi Arawi. Animenya sendiri ditayangkan pada bulan April hingga September 2011.

Serial ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari empat sekawan, yaitu si cewek energik Yuki Aioi, Mio Naganohara yang ceria, Mai Minakami yang pendiam, dan Nano Shinonome yang ingin serba tahu.

Nah, setiap masuk sekolah dan bertemu teman-temannya, Yuki selalu mengucapkan selamat pagi pada teman-temannya. Walaupun ujung-ujungnya pada nyuekin sih.

Namun, dalam sebuah episode sapaan Yuki ini dijawab Mio dengan "selamat malam."

BACA JUGA:Fitur Terbaru Microsoft Ini Berguna Banget Buat Kamu yang Males Bikin CV

2. Jormungand

Jormungand
Jormungand merupakan serial karya Keitarou Takahashi yang mulai ditayangkan pada bulan Oktober hingga Desember 2012. Animasi Jepang ini menceritakan tentang perjuangan Koko Hekmatyar, seorang penjual senjata di bawah organisasi HCLI, perkumpulan penyelundup paling terkenal.

Karena jadi penjual senjata di pasar gelap, dia terus diburu oleh kepolisian lokal dan interpol. Anime yang satu ini pernah jadikan kota Jakarta sebagai latar ceritanya.

Banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan negeri seribu pulau ini, seperti pemandangan kota Jakarta, Nasi Goreng, Uang Rp. 50.000, Bajaj, dan minimarket.

3. Tempe dalam Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma
Siapa tak kenal tempe? Makanan merakyat ini pasti akan dijumpai pada rumah-rumah di seluruh Indonesia, begitu juga dalam anime yang satu ini.

Anime ini berkisah tentang perjuangan Souma untuk bisa lulus dari sekolah memasak paling terkenal di Jepang, Akademi Tootsuki.

Tak tanggung-tanggung, bahan masakan khas Indonesia ini dimasak jadi ramen tempe oleh koki terkenal di seluruh dunia, Jouichirou Yukihira, aliasn bapaknya Souma.

Aroma sedap tempe panggang itu kemudian bercampur dengan rempah-rempah yang ada dalam ramen Jepang.

Cek juga: Slam Dunk On 7! Begini Jadinya Kalo Lagu Sheila On 7 Jadi Soundtrack Anime Slam Dunk, Cocok Abis!

4. God Enel dari One Piece

God Enel
One Piece adalah animasi Jepang yang menceritakan tentang perjuangan Luffy dalam menggapai impiannya jadi Raja Bajak Laut. Dari beberapa musuh Luffy, ada juga yang mengadaptasi Indonesia lo.

Yap, dia adalah God Enel. Coba perhatikan baik-baik motif celana yang dia kenakan, sama seperti motif batik, bukan?

Selain itu, telinga Enel juga mirip dengan suku Dayak yang ada di Indonesia.

5. Dragon Ball

Dragon Ball
Anime legend yang satu ini juga ternyata pernah mengambil referensi dari Indonesia. Coba lihat beberapa tulisan di atas.

Semuanya menggunakan bahasa Indonesia, bukan? Hehehe...

Editor : Alvin Bahar

Sumber : TribunStyle.com

Baca Lainnya