Ini Dia 5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Laga Indonesia vs Vietnam

Rabu, 23 Agustus 2017 | 05:32
Alvin Bahar

Indonesia vs Vietnam

Timnas Indonesia harus puas dengan hasil imbang pada lanjutan ajang Sea Games 2017 melawan Vietnam.

Namun ada 5 hal yang bisa jadi pelajaran penting dilansir dari Kompas.com.

Check this out!

1. Indonesia Tak Punya Kreator Serangan

Laga versus Vietnam semalam menjadi bukti betapa tumpulnya serangan Indonesia tanpa Evan Dimas.

Evan Dimas harus absen bermain setelah menerima dua kartu kuning. Terlepas dari pertahanan Indonesia yang terus-menerus mendapat tekanan, Indonesia sangat kesulitan mengembangkan permainan.

2. Pemain Indonesia Harus Lebih Mengatur Emosi

Indonesia terpaksa bermain dengan 10 pemain pada menit ke 62 setelah Hanif Sjahbandi diusir wasit.

Gelandang Arema FC itu diusir lantaran menyikut pemain lawan. Pelanggaran yang dilakukan Hanif memang pantas untuk diberikan sanksi.

Hal tersebut menunjukkan pemain Indonesia harus lebih mengontrol emosi. Karena tensi permainan yang tinggi juga berpengaruh pada kondisi psikis pemain.

3. Semangat Kalahkan Keunggulan

Meskipun begitu, pada laga tadi malam semangat timnas U-22 patut diacungi jempol. Pasalnya, Indonesia mampus bertahan dibawah tekanan serangan bertubi-tubi pemain Vietnam.

"Saya sangat senang pada anak-anak malam ini. Mereka bermain tanpa kenal lelah," ujar pelatih Luis Milla kepada wartawan di konferensi pers seusai laga.

4. Punya Dua Kiper Tangguh

Pada laga semalam, Indonesia terpaksa memainkan dua kipernya.

Hal itu tak lepas dari cedera yang dialami Satria Tama pada pertengahan babak kedua.

Kartika Ajie pun masuk menggantikan Satria Tama.

Padahal, ia juga tak dalam kondisi fit lantaran mengalami cedera ringan pada pertandingan versus Timor Leste, Minggu (20/8/2017).

Performa Ajie yang melakukan save peluang emas Filiphina di depan gawang dan mengenai mistar membuat Indonesia bangga mempunyai kiper yang apik.

5. Peluang Indonesia Lolos Semifinal Besar

Hasil imbang membuat Indonesia tertahan di peringkat ketiga Grup B dengan 8 poin, tertinggal dua angka dari Vietnam dan Thailand.

Namun, dua negara tersebut itu akan saling berhadapan pada laga pamungkas.

Jika laga Vietnam vs Thailand salah satu tim meraih kemenangan, Hansamu cs cukup menang dengan skor berapa pun melawan Kamboja yang selalu kalah di empat laga sebelumnya.

Namun jika hasilnya seri, Indonesia harus memetik kemengan dengan selisih tiga gol. "Bagi saya seri adalah seri, tetapi kami dapat kemenangan moral hari ini," kata Milla.

"Saya harap hasil imbang ini meningkatkan semangat untuk memenangi pertandingan selanjutnya. Kami punya dua hari untuk persiapkan tim," tutur pelatih asal Spanyol itu. (Agung)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya