Duh. Mau Mengharumkan Nama Bangsa, Peserta Lomba Debat Internasional Malah Di-Bully Netizen

Rabu, 09 Agustus 2017 | 03:46
Rizki Ramadan

Posting Facebook Kemendikbud

Masih ingat kan dengan aksi Demian di America's Got Talent (AGT) yang di-bully netizen? Hal ini sungguh sangat disayangkan mengingat aksi Demian yang mendapat apresiasi dari orang luar malah di-bully oleh orang Indonesia sendiri.

Kabar yang kurang lebih sama datang dari dunia pendidikan Indonesia. Sebanyak empat anak terbaik Indonesia dikirim untuk mengikuti Kejuaraan Debat Bahasa Inggris Tingkat Dunia, World Schools Debating Championship 2017 yang diselenggarakan di Denpasar, Bali.
Mereka adalah Ngurah Gede Satria Aryawangsa dari SMAN 4 Denpasar, Bali, Nicholas Christianto dari SMAK 2 Petra Surabaya, Gracesenia Cahayadinata dan Stephanie Elizabeth Purwanto dari SMA Pelita Harapan, Banten.
Mirisnya, nih, guys, niat baik untuk mengharumkan nama bangsa di kompetisi internasional malah di-bully netizen. Dalam akun Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemendikbud mengunggah berita mengenai empat peserta debat asal Indonesia ini. Bukannya memeberi dukungan, netizen malah ngasih komentar soal pakaian yang dipakai oleh peserta debat asal Indonesia.
Achmud Muchlis MY menyampaikan komentarnya "Lomba Debatnya tak masalah, tapi agak kontras, pakaian yg putri di Foto itu, mau debat atau penari club bar...? Mintanya Nilai Karakter dalam Pendidikan, tapi ini budaya Timur Indonesianya kemana? Kalau pakaian nampak belahan dada gitu..., karakter barat.

Editor : Rizki Ramadan