Sekolah Ini Cuma Punya 1 Murid dan Namanya Oon

Selasa, 05 Januari 2016 | 06:00
Hai Online

Oon di depan sekolahnya

Tidak seperti sekolah anak-anak biasanya, hari pertama masuk ke sekolah, justru suasana di dalam dan luar kelas tersebut sangat sepi dan jauh dari keriuhan suara bocah.

Hanya ada seorang anak di sekolah yang terletak dekat dengan sebuah perkampungan nelayan. Dia adalah Oon Sheng Juin (7), satu-satunya murid di Sekolah DasarJenis Kebangsaan Cina (SJKC) Aik Hua yang ada di Pulau Pasir Hitam, Taiping, Perak, Malaysia.

Meski sendirian, Oon di tahun pertamanya sekolah dasar kelihatan sangat bahagia bisa belajar di kelas bersama salahseorang gurunya yakni Hee Kam Poong (51).

Oon menjadi murid pertama di sekolah daerah terpencil itu. Datang dengan ditemani nenek, Lim Pek Eng (65), yang juga merupakan seorang pekerja di kedai kopi, Oon terlihat tekun belajar di kelas. Gurunya seklaigus kepala SJKC, Hee Kam Poong percaya bahwa Oon, murid satu-satunya itu akan dapat menyesuaikan diri untuk belajar setiap hari di sekolah tersebut.

Seperti dikutip dari straitstimes.com Malaysia, sejumlah wartawan tampak tertark dengan kejadian ini, makanya beberapa datang untuk melihat Oon yang belajar dengan sangat tenang.

Ketika ditanya apakah ia baik-baik saja belajar sendirian, Oon Sheng Juin cuma mengangguk malu-malu.

Guru lain, Tan Boon Lin (35) kepada Wartawan, mengatakan anak itu tampak cukup cepat belajar. "Dia cuma masuk TK di Penang selama beberapa bulan sebelum datang ke sini. Dia tadinya tidak bisa menulis dengan baik tetapi sekarang bisa," kata Mr Tan.

"Dia masih beradaptasi dengan lingkungan baru dan menjaga dirinya sendiri dan belum sepenuhnya terbuka," katanya lagi.

Oo sendiri, sudah terdaftar di sekolah tersebut pada bulan lalu. Sekolah ini berjarak sekitar 30 km dari Taiping dan 45 menit kalo naik perahu dari Trong. Meski begitu, Oon tetap datang ke sekolah dan belajar bersama guru-gurunya.

Semangat, Oon!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya