Survei: Milenial dan Gen Z Lebih Senang Belanja di E-commerce Selama Ramadan

Selasa, 18 April 2023 | 15:56
Shutterstock

Belanja online kini menjadi salah satu pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan.

Hai-Online.com –Belanjaonlinekini telah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang, termasuk kawula muda. Menariknya,belanjaonlinesemakin masifmenjelang Ramadan hingga Lebaran.

Mengutiphasilriset"E-Commerce Consumer Behaviour: Ramadan"yangdilakukanoleh Grid Network dan Research and Analytics KG Media sejak Maret-April 2023, sebanyak 150 responden dalam survei ini mengaku mempersiapkan berbagai kebutuhan Lebaran dengan berbelanjaonlinedi sejumlahe-commerce.

Untuk mendapatkan produk yang terjamin kualitasnya, 55 persen responden memilih Tokopedia sebagai e-commerce favorit mereka. Angka itu disusul oleh Shopee dengan persentase 50 persen dan Lazada sebesar 10 persen.

Untuk menentukan barangyang ingin dibeli, 44 persen responden umumnya akan melakukan survei terlebih dahulu, lalu menyimpan barang yang diinginkan mendekati hari Lebaran.

Baca Juga: Stem4Youth Siapkan Anak Muda Kurang Mampu Bisa Raih Pendidikan STEM

Sementara, 28 persen responden akan melihat-lihat dahulu produk yang akan dibeli (window shopping) dan 27 persen sisanya membandingkan harga terlebih dahulu untuk menentukan toko mana yang menjual produk incaran dengan harga yang lebih murah.

Ketika berburu barang incaran, 47 persen responden jugamengakurutin membuka platforme-commerce,denganfrekuensihampir setiap hari.

Namun,ada 32 persen respondenyang memilih untuk berburu barang incaranhanya untukmenunggu waktu berbuka puasa, yakni mulai pukul 16.00 hingga 20.00WIB.

Meski begitu, aktivitas berburu dan checkout barang paling banyak dilakukan pada malam hari, yakni setelah tarawih pada pukul 20.00 – 24.00 WIB. Sebanyak 45 persen responden berbelanja pada waktu-waktu tersebut. Adapun durasi belanja dan window shopping umumnya dilakukan para responden selama 15-30 menit per hari.

Baca Juga: Akui Suka Belanja, Ahmad Dhani Sebut Senang Beli Barang Buat Self Reward

Kebiasaan belanja perempuanvs laki-laki

Saat ini, ada banyak platform e-commerce yang bisa diakses siapa saja melalui website maupun aplikasi mobile. Akan tetapi, survei tersebut mengatakan bahwa perempuan dan laki-laki punya kebiasaan belanja online yang berbeda.

Untuk membeli kebutuhan Ramadan dan Lebaran, perempuan cenderung akan berburu barang yang diperlukan pada 1-2 minggusebelum Ramadan. Sementara laki-laki cenderung akan mulai berbelanja sejak 3-4 minggu sebelum Ramadan.

Namun, kedua gender memiliki kesamaan dalam memilih jenis barang yang dibeli selama Ramadan. Secara garis besar, keduanya cenderung tertarik untuk membeliproduk makanan,minuman,hampers, bingkisan kue kering, perlengkapan ibadah, serta produk fesyen untuk menyambut Lebaran.

Selain faktor di atas, kawula muda juga punya preferensi sendiri dalam memilih e-commerce langganan. Berikut infografis yang dapat menggambarkan populernya e-commerce sebagai tempat belanja selama Ramadan.

Baca Juga: Industri e-Commerce Lahirkan Banyak Profesi Baru bagi Anak Muda Aktif, Kreatif dan Melek Digital, Skill Bikin Konten Live Streaming Salah Satunya!

Infografis

Dok. Tim HAI Online

Infografis yang menampilkan tren belanja di e-commerce saat Ramadan dan menjelang Idulfitri.

(**CM/FATH)

Tag

Editor : Sheila Respati