Tiga Pelaku Penipuan Tiket Konser Bodong Sheila on 7 Ditangkap Polisi

Rabu, 08 Maret 2023 | 20:43
Twitter.com/@dualapansa

Kasus penipuan tiket konser bodong Sheila on 7 di Bersenandung Fest dan Bergembira Fest.

HAI-Online.com - Sebanyak 3 pria pelaku penipuan dengan modus menjual tiket bodong konser Sheila on 7 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat ditangkap polisi.

Dikutip dari instagram @dailypontianak, ketiganya berinisial MR (24), RES (23), dan HP (21) dan ditangkap di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Aksi penangkapan ini dipimpin langsung Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Barat, Kombes Pol Luthfie Sulistiawan.

“Bahwa pelaku MR dan HP ini sebagai operator yang mempromosikan tiket dan pelaku RES sebagai koordinatornya,” ungkap Luthfie.

Baca Juga: Usai Tragedi di Lampung, Sheila on 7 Pernah Naikin Harga Tiket Konsernya

Modus operasi yang mereka lakukan yakni dengan membuat akun palsu di instagram yang terkoneksi dengan google form.

“Kemudian pelaku menawarkan tiket konser palsu dengan harga yang lebih murah,” ujarnya.

Satu tiketnya mereka jual seharga Rp275.000. Setelah dirasa cukup banyak korban yang beli, mereka tutup akun instagramnya dan menghilang.

Ia menyebut, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 7 unit Handpohone yang digunakan pelaku untuk menjalankan aksinya.

“Pelaku dijerat dengan pasal 45 A ayat (1) Jo pasal 28 ayat (1) Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara," bebernya.

Kronologi penipuan konser bodong

Dalam thread Twitter @annisaafitriir, kejadian ini berawal dari 2 Februari lalu, awal kemunculan akun Instagram @bergembirafest yang menampilkan salah satu band Duta cs, Sheila on 7.

Melihat Sheila on 7 menjadi salah satu perfomernya, pemilik akun tersebut akui tergiur dan membeli tiketnya melalui link gform.

“Early bird sold out, lalu aku nungguin lg dan dibuka kembali presale 1 secara cepat. Presale 1 dijual 275k melalui link gfrom,” tulisnya dalam cuitan tersebut.

Selain itu, Nica juga mengungkapkan, ada juga yang terjerat penipuan terkait akun konser yang punya pola modus yang serupa dengan @bergembirafest, yakni @bersenangfest.

Konser @bersenangfest ini sendiri berlokasi di Kota Medan, Sumatra Utara dan dicurigai karena setelah dipantau 3 jam akun ini bagikan rekomendasi line up artis tanpa memberi tahu tempat dan tanggalnya.

Baca Juga: Fans Tewas Pas Konser, Sheila on 7 Pernah Disebut 'Band Pembunuh'

“Tetapi udah buka penjualan tiket early bird jam 10.00 WIB tadi di loket.com,” tulisnya.

Ini jadi pelajaran juga ya, untuk bisa lebih teliti ketika kalian mau beli tiket konser. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya