Cek Rapor & Sertifikat Prestasi Kamu, Kampus UMM Siap Beri Diskon SPP

Selasa, 07 Maret 2023 | 10:40

HAI-Online.com –Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bakal memberikan potongan SPP sampai lulus atau selama semester delapan melalui beasiswa Talenta Unggul.

Yap, beasiswa ini bukan berupa uang cash tapi dalam bentuk potongan bea SPP yang diberikan bagi calon mahasiswa baru.

Selain itu, skema ini juga memberikan kesempatan bagi penerimanya untuk ikut di berbagai kegiatan kepemimpinan dan peningkatan skill selama berkuliah di UMM.

Baca Juga: Udah Tahu Bersalah, AG Pacar Mario Dandy Mundur dari SMA Tarakanita 1 JKT

Menurut Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Nurudin, semua calon mahasiswa baru punya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa talenta unggul.

Sedangkan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran akan diberlakukan aturan tersendiri yang sudah disiapkan.

Ia juga menjelaskan, penerima beasiswa bakal mendapatkan potongan SPP yang bentuk potongannya bervariasi dari 25-75 persen tiap semesternya.

Meski begitu, mereka juga diharuskan untuk memiliki indek prestasi (IP) yang stabil, yakni di atas 3,80 tiap semester.

Hal itu dimaksudkan agar para mahasiswa yang menerima punya tanggungjawab dan usaha keras untuk mempertahankan nilai.

Nggak Cuma itu saja, para penerima beasiswa juga bakal mendapatkan bebas biaya program Center of Excellence (CoE) yang melahirkan SDM yang siap bekerja.

Baca Juga: Hajatan Metal dan Rock, Hammersonic 2023 Gandeng DJ Sihk sampai Komika

Dengan program kepemimpinan yang bisa mereka ikuti secara gratis, bahkan juga untuk kursus bahasa.

Skema beasiswa Talenta Unggul Adapun beasiswa ini terbagi menjadi dua skema, yakni jalur akademik dan non akademik.

1. Jalur akademik

Untuk akademik, calon mahasiswa mendaftar menggunakan rata-rata nilai raport 80.

2. Jalur non akademik

Sementara untuk non akademik, para pendaftar bisa menggunakan sertifikat atau bukti lain yang memperlihatkan keaktifan di olahraga, organisasi, kepemimpinan, sosial dan lainnya.

"Misalnya saja sertifikat hafiz sepuluh juz atau juara kompetisi pencak silat," ujar Nurudin dikutip dari laman UMM, Senin (6/3/2023).

Baca Juga: Cara Daftar Beasiswa Mitra Sekolah hingga 100% UNPAR 2023

Namun menariknya, untuk jalur non akademik juga bisa dicoba oleh para content creator. Untuk youtuber misalnya kamu harus punya 5.000-an subscribers agar lolos kualifikasi mahasiswa penerima potongan SPP, sementara mereka yang aktif di Instagram minimal punya 10.000 followers.

Nurudin mengatakan bahwa hal ini menjadi upaya UMM untuk memberikan pengakuan bagi mereka yang punya karya. Terutama bagi mereka yang aktif dalam membuat konten kreatif, edukatif, dan positif. Adapun pendaftaran jalur prestasi ini akan dibuka hingga 8 Juni 2023 mendatang.

Tiap awal bulan akan langsung diumumkan siapa saja yang lolos beasiswa dan jalur ini. "Tahun lalu ada 3.709 pendaftar yang terdiri dari 3.273 jalur akademik dan 432 non akademik," kata dia.

Nggak cuma beasiswa talenta unggul, UMM juga membuka: beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), beasiswa yatim, potongan untuk alumni sekolah Muhammadiyah, beasiswa ulama yakni Program Pendidikan Ulama Tarjih (PPUT) dan beasiswa saudara kandung dan lain sebagainya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya