Anak Muda Kita Bisa Lho Dapetin "Noble" Lewat Kompetisi Ini!

Senin, 27 Februari 2023 | 19:20

Anak Muda Kita Bisa Lho Dapetin "Noble" Lewat Kompetisi Ini!

HAI-Online.com- Indonesia pada 2045 dipredikasi punya kebangkitan dari generasi emas. Hal ini membutuhkan pendidikan yang berorientasi pada masa depan, yaitu membangun masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri dan modern.
Keberhasilan dalam membangun pendidikan akan memberikan kontribusi yang besar pada pencapaian tujuan nasional.
Di era ini dan di masa mendatang, pendidikan yang berkualitas nggak cuma dimaknai sebagai keunggulan akademik saja, melainkan harus memiliki karakter dansoft skilldalam diri masing-masing.
USG Education, dalam upaya menyediakan ruang untuk mengoptimalkan bakat yang dimiliki generasi muda, kembali menggelar acara Noble Scholar Competition 2022 menjelang akhir tahun lalu.
Nah, memasuki tahun ke-tujuh, kompetisi kreatif ini merupakan ajang prestisius bagi para pelajar untum unjuk gigi dalam mengembangkan ide, konsep, keterampilan dan bakat yang bakal memperkaya pengetahuan dan pengalaman mereka.
Generasi muda sebagai agen penggerak perubahan memiliki kompetensi unggul dalam bidang masing-masing, dan mampu berkompetisi dalam kancah nasional maupun internasional.
Puncak acara Grand Final Noble Scholar Competition 2022 dan pengumuman pemenang diselenggarakan pada tanggal Sabtu (4/2/2023) di Pullman Hotel, Jakarta Barat.
Dihadiri 88 peserta finalis yang berkompetisi secara individu ataupun kelompok sesuai pilihan kategori.
Kompetisi Noble Scholar ini menuai dampak positif dari berbagai pihak dan berhasil menarik perhatian sebanyak lebih dari 500 pengunjung.
“Terus gali potensi dan jangan takut untuk mengeluarkan ide brilian karena tongkat estafet ada di tangan generasi muda dan kalian adalah pion dalam berinovasi di segala bidang”, ujar Adhirama G. Tusin selaku Presiden Direktur USGE dalam kata sambutannya.
Hal ini disambut baik oleh Rika Amelia Rush selaku Ketua Umum BPC HIPMI Jakbar dan ia berharap agar melalui kegiatan seperti ini akan dapat memotivasi generasi muda untuk lebih produktif dan dapat bergerak lebih cepat dalam mengembangbiakkan program- program entrepreneur baru dan dapat berperan melahirkan lebih banyak lagi entrepreneur muda.
USGE hadir untuk memastikan para cendekia muda memiliki pengalaman global dengan mewujudkan mimpi untuk raih gelar internasional di kampus-kampus terbaik mancanegara dengan menyediakan pembekalan akademik danskill setyang berkualitas melalui rangkaian program yang dapat mengekspresikan ide serta gagasan pelajar secara lugas, menstimulasi kreatifitas, membangkitkan entrepreneurial mindset serta mengolah kemampuan berinovasi.
“Noble Scholar Competition ini merupakan wadah bagi para talenta muda Indonesia agar mereka dapat mengembangkan ide yang mereka miliki," ujar Reza Suriansha, selaku Direktur USGE saat malam penghargaan di Jakarta.
Program ini dikatakannya, telah sukses menghadirkan pemimpin muda yang cakap dengan berbekal kompetensi global.
"Adik-adik sudah berani memutuskan ikut terjun di ajang kompetisi ini, maka kalian semua adalah seorang pemenang. Walaupun nanti akan ada juara 1, 2 dan 3 tetapi kalian sudah melewati langkah pertama yaitu berani memberikan kontribusi positif, artinya kalian sudah menang beribu langkah dalam memberikan sebuah kemajuan dalam diri masingzmasing," sambutnya ke para peserta sebelum pengumuman.
Ketua Bidang 9, Vokasi & HIPMI PT, HIPMI Jakbar, Adang Adha mengatakan salah satu bukti pikiran kita bisa lebih tajam dan terasah, yaitu pikiran kita diuji dengan pikiran yang lain seperti mengikuti kompetisi.
“Di 2045 nanti ketika Indonesia mengalami bonus demografi, ekonomi meningkat, kita adalah pemain dan bukan hanya penonton di industri Indonesia. Di usia belia, semangat mereka luar biasa mampu memetakan idenya dan menyampaikan kepada juri. Ini merupakan modal untuk bersaing dengan orang-orang yang jiwa kompetisinya luar biasa. Apabila kita terus menerapkan ini, saya yakin Indonesia pada 2045 akan menjadi pemimpin di negara ASEAN,” ujar Adang.
Sebagai insitusi pendidikan, USGE mempunyai tujuan mengembangkan siswa memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk mencapai masa depan yang sukses.
Para siswa tidak cuma dibekali dengan kemampuan akademik, tetapi juga skill-set yang sangat mumpuni seperti public speaking, critical thinking, leadership skill, creative & innovative mindset, dan entrepreneurial skill.
USGE melalui strategi kemitraan baik di lingkup nasional maupun kolaborasi internasional hadir sebagai mitra edukasi yang tepat dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi global dengan mendorong langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai sarana utama untuk terwujudnya SDM berdaya saing tinggi.
Para finalis yang mengikuti kompetisi Noble Scholar 2022 tampil percaya diri dengan mempresentasikan ide dan hasil karyanya di hadapan para juri pada saat final berlangsung.
Di akhir acara Grand Final, diumumkan para pemenang dari masing-masing kategori, dengan terpilihnya para pemenang sebagai yang terbaik tidak terlepas dari peranan para dewan juri yang berasal dari beragam latar kompetensi serta kombinasi akademisi dan praktisi.
Total hadiah kompetisi ini mencapai lebih dari Rp 770 juta yang terbagi atas hadiah uang tunai, program beasiswa dari USG Education dan English Study Vouchers dari The British Institute (TBI).
Pemenang Noble Scholar Competition 2022 diberikan bagi berbagai kategori kompetisi, seperti di bidang Aviation, Graphic Design, Digital Design, Fashion Design, Engineering, Music / Song Cover, Computing/IT, Communication dan Business. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya