Mirip Gaya Grunge, Ini Dia Penjelasan Mengenai 'Downtown' Style

Rabu, 15 Februari 2023 | 14:35
TikTok @tilastpunchh

Ilustrasi 'Downtown' style.

HAI-ONLINE.COM –Berawal dari sebuah istilah untuk mendefinisikan kebanyakan styledari orang-orang yang tinggal di pusat Kota New York, fesyen‘Downtown’ kini jadi sebuah diksi baru yang lagi nge-trenddi media sosial.

Banyak dipercaya sebagai bentuk persilangan antara istilah ‘rockstar girlfriend’ dengan estetikagrungedancoquette, ‘Downtown’ secara singkat menggambarkan dominasi cewek NYC yang cenderung berbelanja di Urban Outfitters, H&M, dan Brandy Melville.

Baca Juga: Bukan Sehari tapi 3 Hari, SUGA BTS Bakal Konser di ICE BSD Jakarta

Selain itu, ‘Downtown’ juga sering dikaitkan sebagai kontradiktif darifashion‘Uptown’ yang dianggap lebih rapi dan klasik.

Meski diawali samatitle‘Downton Girl’, kini cowok-cowok mulai mendominasi tren ini dengan menamai diri mereka sebagai ‘Downtown Boy’.

Tapi, lo tau nggak sih apa itufashionDowntown?

Dikutip dari situs resmi Distractify, aliranfashion‘Downtown’ sederhananya merujuk pada romantisasi kehidupan di New York City.

Essential New York menyatakan bahwa area tersebut menggambarkan beberapa titik, diantaranya sebelah utara 14th Street, sebelah barat Sungai Hudson, bagian timur East River, serta bagian selatan dekat New York Harbor.

Secara teknis, lokasi yang dimaksud adalah area Lower Manhattan, termasuk Alphabet City, Greenwich Village, NoHo, Bowery, SoHo, Lower East Side, Chinatown, TriBeCa, Five Points, West Village, East Village, dan masih banyak lagi.

Berbeda sama gaya ‘Uptown’ yang biasanya diserasikan olehbrand designerterkenal, ‘Downtown’ lebihfunkyserta bergantung sama kreativitas dan kemampuan pemakainya buat memadukan barang-barangvintagehasilthrifting,maupunitems resalesertareconfigured.

Dilansir dari The New York Times,fashion‘Downtown’ kebanyakan menampilkan pakaian berwarna hitam, dengan setelan yang sengaja dibuat nggak serasi.

In The Know by Yahoo! juga bilang hal serupa, dan menyatakan bahwa estetika ‘Downtown’ adalah gayagrungy fashionyang menampilkan pakaian kasual dalam warna-warnamoodyseperti hitam, abu-abu, danearth tones.

Melansir dari Distractify,fashionini biasanya meliputisweater, Converse,oversized headphones, Doc Martens,messy hair,vests, kaos band, sepatuplatform,layered jewelry,baggy pants, dan terkadangskinny jeans.

Baca Juga: Ini Dia Gaya Whimsi Goth Ala 90-an yang Lagi Ngetren di Anak Muda

Beberapa karakter fiksi cukup mempengaruhiculturedalamfashion‘Downtown’, diantaranya Rory Gilmore dalam Gilmore Girls, Bella Swan dan Alice Cullen dalam Twilight, Serena van der Woodsen dalam Gossip Girl, serta Elena Gilbert dalam The Vampire Diaries.

Di samping itu, penyanyi dan beberapa band populer seperti Lana Del Rey, Nirvana, Mitski, dan Harry Styles, turut jadiiconinspirasi dalam gaya ini.

Sejauh ini,fashion‘Downtown’ nggak hanya merepresentasikan style orang-orang di pusat New York City, melainkan udah menjalar ke mana-mana dan jadi sebuah tren populer di kalangan Gen Z.

Selain itu, ‘Downtown’ juga kini mulai banyak dimodifikasi dan jadi sebuah fashionunisexyang dianggap keren danstylist.

Jadi, lo tertarik samafashionini nggak sob?

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya