Iwan Fals Sempat Protes Terkait Kata ‘Asing’ di Salah Satu Lagu Padi

Selasa, 14 Februari 2023 | 11:32
HAI

Saat Iwan Fals melakukan kolaborasi bersama Padi

HAI-ONLINE.COM – Penggemar karya musik Iwan Fals pasti tau, kalo ia memiliki album Collaboration, yang bisa dibilang bersama Padi doang yang beneran berkolaborasi di dalam itu.

Bukan apa-apa, alih-alih nyetor lagu atau nyumbang aransemen, tapi seluruh personel Padi ikut terlibat dalam pengerjaan lagu berjudul ‘Sesuatu Yang Tertunda’ itu.

Mereka turun tangan sendiri dalam pembuatan lagu. Setelahnya, mereka juga mainin instrument pengiring lagu tersebut.

Bahkan Piyu dan Fadlu pun ikutan bersusah-susah selama proses mixing.

“Sejak awal, kami emang nggak mau sekadar ngasi lagu aja sama Bang Iwan. Kami pengen kerja sama ini bener-bener win-win bagi kedua belah pihak.

"Bang Iwan bisa dapet sesuatu dari kami, sebaliknya kami juga bisa belajar dari pengalamannya Bang Iwan,” jelas Rindra (bass) dikutip dari arsip majalah HAI edisi 24/XXVI/2003.

Baca Juga: Piyu: Padi Dianggap Band Rock, Padahal Kita Penggennya Nggak Gitu

Tapi nggak heran juga sih kenapa personel Padi bisa sengotot itu buat repot-repot demi lagu itu.

Pasalnya, lagu tersebut adalah lagu lama dan merupakan bagian dari mimpi-mimpi mereka juga sebelum mendapati kepopuleran.

“Aku inget dulu, jaman belum rekaman album pertama, Piyu dateng ke rumahku ngasi denger lagu ini. Yang langsung kebayang di kepalaku waktu itu adalah Iwan Fals yang nyanyiin. Trus kami mengkhayal-khayal aja, ‘Kapan ya, Bang Iwan beneran nyanyi lagu ini,” kenang Fadly.

Sebagai penciptanya, Piyu juga mengakui kalo pas bikin lagu itu yang kebayang olehnya adalah gaya nyanyinya Iwan Fals.

Baca Juga: Piyu Ungkap Padi Nggak Bakal Ngasih Sanksi Bagi Personel yang 'Make’

Begitu juga dengan permainan kata dalam liriknya, yang dibuat selayaknya lirik-lirik Iwan Fals yang sempat didengarnya.

Pokoknya, urusan lirik saat itu Iwan Fals lah “guru” mereka.

“Makanya, kalo masih inget, dulu di album pertama, kami cuek aja nulis ‘Thank’s to Iwan Fals’. Padahal waktu itu kami nggak kenal sama sekali sama dia,” tukas Piyu.Terkait lirik, Iwan Fals pun sempat memberikan komentarnya, di mana ia sempat protes untuk satu kata dalam lagu itu.

“Liriknya penuh kata-kata yang nggak pernah saya temui sebelumnya. Contohnya kata ‘kuimingkan’, sebelumnya belum pernah ada di kamus saya kalo kata itu eksis.

Makanya, saya sempat protes, takut kalo kata-katanya salah,” papar Iwan Fals.

Namun ternyata, setelah dicari tau lebih dalam, Iwan Fals mengetahui kalo kata yang dipake oleh Piyu dalam lirik lagu tersebut benar, dan ia cuma bisa tersenyum.

Sebelumnya juga Iwan Fals mengungkapkan, pas mendengar lagunya ia sempat berpikir kalo Padi (terutama Piyu) itu adalah orang yang agak kompleks.

Menurutnya, dari irama lagu tersebut keliatan kalo Padi itu suka dengan musik yang agak rumit. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya