Bikin Program "Impactivity Class", Gen Z Diajak Berdampak di Dunia Digital

Kamis, 09 Februari 2023 | 08:23

Gen Z diajak berdampak

HAI-Online.com– Lahir, tumbuh dan menjalani hidup bersama dengan perkembangan teknologi dan media sosial, Gen Z disebut-sebut sebagai generasi paling akrab dengan dunia digital, dan pastinya dianggap menguasai zaman.
Namun, saat ini belum banyak Gen Z yang memaksimalkan potensi mereka dalam hal "bermain" di medsos sehingga lebih mengalir lagi dalam mengekspresikan aspirasinya dan berkomunikasi dengan orang lain serta memberikan dampak positif.
Nah, untuk memaksimalkan perkembangan Gen Z ini, diperlukan program yang dapat mewadahi berbagai ide dan aspirasi yang mereka miliki.
Baca Juga: Bantu Mahasiswa yang Jarang Sarapan, ITS Ciptakan Apps Sarapanku
Program Marina Beauty Journey persembahan dari Marina merupakan salah satu program yang tepat dan konsisten dihadirkan sejak tahun 2011 yang telah menjangkau lebih dari 119 ribu peserta perempuan muda dengan berbagai latar belakang dari seluruh Indonesia.
Dijelaskan Elfia Rahmi selaku General Manager Brand Investment & Consumer Engagement Marina, bahwa program ini berfokus pada pengembangan passion Gen Z untuk memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar.
Dengan tema yang semakin relevan yaitu "Make Your Own Impact", Marina Beauty Journey telah sukses dilaksanakan dalam format offline dengan rangkaian kegiatan yang lebih atraktif, salah satunya adalah Beauty Camp di Bali.
"Acara ini diisi dengan berbagai kelas pengembangan diri atau yang kami sebut dengan “Impactivity Class” dimana para Bintang Marina berinteraksi dengan masyarakat sekitar untuk memberikan dampak positif dan menerapkan pengetahuan yang didapatkan,” jelas Elfia, Rabu (8/2/2023).
Rangkaian Beauty Camp di Bali yang dilaksanakan pada 18-20 Januari 2023 dengan menghadirkan beragam Impactivity Class yang diisi oleh mentor-mentor inspiratif sebagai bekal untuk pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan Gen Z agar semakin bersinar, khususnya Bintang Marina.
Peserta Gen Z yang terdiri dari 20 orang itu mendapatkan workshop dan mentoring dengan konsep yang menyenangkan seperti Impactivity Beauty Class, Impactivity Digital Class, dan Impactivity Glow Class.
Urrofi, seorang Gen Z yang kerap membagikan tips dan trik terkait bagaimana membuat konten di media sosial dan sekarang dikenal sebagai Digital Content Creator menjadi mentor pada Impactivity Content Creator Class dan memberikan pembahasan mengenai the power of content in social media.
Baca Juga: Bareng El Rumi, MakCiak Meriahkan Piala Dunia Lewat Turnamen Berhadiah
“Di era digital seperti saat ini, konten di medsos punya peranan penting dan terbukti bisa mempengaruhi audiens yang melihat. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkannya sebagai platform untuk hal positif dengan cara membuat konten yang menginspirasi dalam hal kebaikan,” ungkap Urrofi.
Dalam acara yang sama, Bubah Alfian, Professional MUA yang juga menjadi mentor pada Impactivity Beauty Class telah memberikan pelatihan kelas kecantikan serta insight terkait bagaimana bersinar dan memancarkan kecantikan dari dalam (inner beauty) dan semakin terpancar dengan kecantikan dari luar.
Ia membagikan pengalamannya terkait bagaimana menemukan pekerjaan sesuai dengan passion kita.
“Setiap perempuan perlu memperhatikan penampilan dan menemukan sisi terbaik dari penampilan mereka. Dengan begitu kalian akan bisa memancarkan kecantikan yang nyata dari luar dan dalam dengan potensi yang dimiliki,” pungkas Bubah.
Memiliki niat untuk memberikan dampak kebaikan sesuai passion perlu diwujudkan dengan langkah nyata.
Afifah Hasya yang merupakan Fashion Designer dan Bintang Marina 2021 turut menceritakan pengalamannya berkarya sebagai fashion designer di usia muda pada Impactivity Glow Class lengkap dengan aktivitas DIY fashion design untuk Bintang Marina.
“Saya ingat sekali niat awal saat memantapkan diri untuk mengikuti program ini di tahun lalu dengan passion yang saya miliki adalah untuk melakukan yang terbaik dan memberikan dampak positif.
"Saya sangat bersyukur karena sekarang bisa berkontribusi dengan melakukan hal yang saya suka, terlebih kecintaan saya dengan budaya Indonesia saya tunjukkan dengan memasukkan unsur-unsur budaya Indonesia ke dalam desain yang saya buat.
"Semoga Bintang Marina terpilih juga mendapatkan kesempatan yang sama dengan memaksimalkan potensi melalui passion yang dimiliki,” ungkap Afifah.
Selain mentor-mentor terbaik, El Rumi yang merupakan Selebriti juga hadir pada perhelatan Marina Beauty Journey 2022 dan mengisi sesi Impactimate Activity.
Para peserta pun melakukan berbagai aktivitas dalam sehari bersama El Rumi. Pada sesi ini, El Rumi berbagi cerita terkait pengembangan diri dan bagaimana Ia membagi waktu di dunia hiburan namun tetap memprioritaskan pendidikan.
"Di era digital seperti sekarang ini tidak semua informasi di media sosial dapat diterima dengan baik, akan selalu ada pihak yang berseberangan dengan pendapat kita. Selalu ingat, selama tujuan kita adalah memberikan dampak positif maka jangan pernah melihat hal tersebut menjadi penghambat,” tegas El Rumi.
Nggak cuma kelas, di malam puncak penobatan Bintang Marina juga dimeriahkan dengan penampilan spesial dari Mawar De Jongh sebagai Brand Ambassador Marina yang juga dikenal sebagai sosok yang konsisten berkarya dan memberikan dampak positif dengan beragam prestasi yang dimiliki di dunia tarik suara dan layar lebar.
Perjalanan para Bintang Marina tahun ini tidak mudah karena mereka berhasil menyisihkan lebih dari 8.000 kandidat dari seluruh Indonesia dengan berbagai ide menarik dan kegiatan positif yang telah dilakukan hingga akhirnya tiba pada malam puncak.
"Melalui program ini, kedepannya Bintang Marina akan menjadi representatif perempuan muda yang memiliki kegiatan positif dan menjadi agen perubahan yang dapat menginspirasi sesuai dengan passion yang dimiliki,” tutup Elfia Rahmi. (*)

Tag

Editor : Al Sobry