Efek Mask Fishing, Orang Tetap Pakai Masker Karena Bikin Ganteng

Rabu, 08 Februari 2023 | 11:20
pxhere

Rekomendasi 5 cara menghindari maskne alias jerawat yang timbul akibat kesringan pake masker

HAI-Online.com-Studi dari Korea Selatan menemukan bahwa orang yang merasa kurang menarik cenderung tetap memakai masker merekadi era pasca-pandemi Covid-19.

Studi yang dipublikasikan di Frontiers Psychology itu menunjukkan, 4 dari 10 orang Amerika masih memilih untuk memakai masker meski sudah tidak diwajibkan.
Mereka mengaku memakai masker untuk menutupi kekurangan wajah mereka, selain juga ada skeptis masih ada virus di luar sana sehingga masker jadi cara untuk mencegah tertular virus.
Baca Juga: Pelajar Cowok Pingsan Pas Ujian Sekolah, Gugup Seruangan Cewek Semua
Soal penggunaan masker ini, peneliti dari Seoul National University melakukan tiga eksperimen yang dilakukan pada orang Amerika dari Amazon Mechanical Turk, seperti dilansir situscrowdsourcinguntuk bisnis.
Hasil dari risetini mengungkapkan, saat ini masker tidak hanya berperan sebagai bentuk perlindungan diri saja tapi juga gaya.
"Temuan kami menunjukkan, penggunaan maskerdapat berubah dari tindakan perlindungan diri selama pandemi Covid-19 menjadi taktik presentasi diri di era pasca-pandemi,” kata salah satu peneliti, seperti dikutip dariEvie Magazine.
Terdapat sebanyak 442 orang yang tergabung dalam eksperimen tersebut, 44 persennya adalah cowok dan sisanya cewek. Rata-rata usia yang tergabung adalah usia dewasa yaitu 33 tahun.
Sebagian dari mereka diberitahu akan pergi ke wawancara kerja dan sebagian yang lain akan mengajak jalan-jalan seekor anjing.
Masing-masing peserta diberi dua pertanyaan, “Dalam skenario ini, apakah menurut Kamu orang lain akan menganggap Kamu lebih menarik dengan masker?"
Sementara pertanyaan kedua, "Seberapa besar keinginan Kamu untuk membuat kesan pertama yang baik pada orang lain?".
Responden yang nakal pergi ke wawancara kerja lebih mementingkan bagaimana masker akan mengubah penampilan mereka, apakah menjadi lebih menarik atau kurang menarik.
Baca Juga: Diajak Main PS Gratis, 17 Bocah di Jambi Malah Dipermainkan Pemilik Rental Game!
Sebelum responden diminta membayangkan sebuah skenario, mereka harus menilai daya tarik wajah masing-masing. Setelahnya, mereka akan diberikan pertanyaan lanjutan.
Pertanyaan tersebut adalah: “Menurut Kamu, apakah pewawancara bakal melihat Kamu lebih menarik dengan masker?” dan "Jika memakai masker adalah opsional dalam sesi wawancara ini, apakah Kamu akan memakai masker selama interview perusahaan?"
Hasilnya, responden yang merasa diri mereka menarik, menyebutkan bahwa masker tidak membuat penampilan mereka lebih baik.
Sementara, responden yang merasa diri mereka kurang menarik, mengakui bahwa masker membuat penampilan terlihat lebih kompeten dan mereka bakal memakai masker selama interview. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya