5 Sutradara Hollywood Yang Memiliki Gaya Shot Khas

Rabu, 08 Februari 2023 | 10:26
Garry Knight

Ilustrasi Christopher Nolan

HAI-ONLINE.COM - Beberapa sutradara memiliki ciri khasnya masing masing, entah dari cara mereka mengambil gambar atau dengan visual efek yang unik.

Keunikan ini lah yang membuat mereka berbeda dan bikin karya mereka stand out.

Eits, jangan-jangan belum sadar di mana spesialnya? Nah untuk kalian yang penasaran HAI udah rangkum beberapa ciri khas para sutradara yang unik tersebut.

Flickr

Quentin Tarantino

1. Quentin Tarantino

Dari beberapa shot dalam film Tarantino, Trunk Shot lah yang menjadi ciri khasnya.

Shot ini menunjukan "kekuasaan" dan intimidasi kepada korbanya, bahkan dalam beberapa scene para karakter seolah-olah melihat ke arah kita sambil mengucapkan suatu hal yang menyebalkan.

Shot ini sejatinya hanyalah low angle biasa, tetapi memiliki estetika di tangan Tarantino.

Biasanya shot ini terletak dalam adegan membuka bagasi mobil seperti di salah satu adegan di film Pulp Fiction.

Selain itu, Tarantino juga selalu melakukan zoom in dan zoom out tiba-tiba ini namun, shot ini banyak dilakukan di film Django Unchained.

Wikimedia Commons

Christopher Nolan

2. Christopher Nolan

Interstelar, Batman, Inception. Dalam film beberapa film tersebut, terllihat bahwa Nolan sangat suka melakukan Barrel roll shot.

Selain itu juga Christopher Nolan juga memiliki sebuah teknik pencahayaannya sendiri yang unik, yaitu Nolan Keylight yang hanya menangkap sisi dekat mata sehingga tiga perempat wajah berada dalam bayangan.

Baca Juga: James Cameron Ungkap Satu Cara Jack Bisa Hidup di Film ‘Titanic’

STARTRAKS PHOTO
ALEX OLIVEIRA

Martin Scorsese

3.Martin Scorsese

Salah satu shot andalan Scorsese adalah long tracking shot, di mana shot ini mengikuti karakter dengan adegan yang panjang.

Film dengan long tracking shot paling terkenal adalah Goodfellas di mana kamera mengikuti Henry Hill (Ray Liotta) dan Karen (Lorraine Bracco) melalui klub malam Copacabana.

Flickr

Michael Bay

4. Michael Bay

Ledakan dan mesin besar. adalah ciri khas dari Michael Bay, bahkan sampai ada istilah Bayhem karena banyaknya ledakan dalam film karyanya.

Transformers saga salah satu filmnya yang bisa mendeskripsikan dia.

Bukan hanya ledakan saja yang menjadi sebuah ciri khasnya sebuah 360 shot yang memutari karakter adalah hal yang selalu dia lakukan pada filmnya yang membuat kesan karakter tersebut seperti pahlawan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Terbaik Versi Sutradara Quentin Tarantino!

Wikimedia Commons

Wes Anderson

5. Wes Anderson

Wes Anderson adalah sutradara yang memiliki kualitas yang baik dalam gaya visual, dan penggunaan shot frame yang simetris adalah suatu hal yang paling di kenal dari dirinya.

Konsistensi penggunaan warna-warna pastel juga sudah menjadi ciri khas dirinya, warna yang ia gunakan tersebut membuat karya yang ia buat memiliki kesan luas, bersih nyaman dan ceria.

Penulis : Muhammad Halim Zunurain

Editor : Alvin Bahar

Sumber : screenrant, Movieweb, Collider

Baca Lainnya