4 Cara Mudah Usir Bau Kaki di Sepatu, Caranya Cuma Pakai Bahan yang Ada di Rumah!

Senin, 23 Januari 2023 | 09:46
Amazon

Bau sepatu

HAI-Online.com-Bau kaki yang tidak sedap setelah memakai sepatu seharian bakal menempel lama di dalam alas kali kita.

Bau ini biasanya dipicu oleh kakiyang berkeringat. Lambat laun kalo dibiarkan lama, keringat yang menumpuk itu bakal menjadi tempat baik bagi bakteri untuk hinggap berkembang biak.
Inilah mengapa jika dibiarkan bau kakidi sepatu akan menjadi persoalan tersendiri.
Nggak jarang beberapa orang heran dan kebingungan mencari cara menghilangkan bau kaki di sepatu dengan cara yang mudah dan ampuh. Begini cara gampangnya:

1. Pakai Kertas Koran

Melansir dari Bob Villa, ternyata menggumpalkan kertas koran dan memasukkannya ke dalam sepatu bisa menjadi cara menghilangkan bau sepatu.
Caranya cukup didiamkan selama satu malam, kertas koran yang megandung karbon bakal menyerap kelembaban yang mampu membantu memberantas bau di dalam sepatu.
Namun kalo kamu nggak punya kertas koran, bisa juga memakai jenis kertas lain, misalnya kertas tulis atau tisu yang digumpal agar tebal.
Hal itu bakal bisa juga menghilangkan baunya dan apalagi kalo kertas yang kepal sudah ditetesi minyak pewangi seperti aroma vanilla atau lavender sebelum kamu memasukkan korannya ke dalam celah sepatu.

2. Ajak Berjemur

Yap, pakai sinar Matahari saja kamu sudah akan dapat menghilangkan bau sepatu dengan cara yang paling mudah dilakukan.
Pasalnya, kamu hanya perlu meletakkan sepatu di bawah sinar matahari langsung. Kalo kamu nggak punya akses atau cuaca sedang mendung, kamu bisa meletakkan sepatu dekat dengan penghangat atau juga mesih Air Conditioner.
Namun perlu dicatat nih, sebaiknya kamu jangan lupa untuk mengeluarkan tali dan menjulurkan lidah sepatu ke arah sumber panas matahari agar lebih cepat kering dan nggakover exposures, kenapa? karena kamu juga nggak mau warna sepatu kesayangan jadi pudar.
Untuk itu, disarankan untuk kamu membiarkan dan memantau sepatu dijemur kurang dari 24 jam untuk memastikan benar-benar kering dan menyimpan kembali di tempat yang aman dan nyaman.
Baca Juga: Kurang Berjemur? Ini 4 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D, Ngaruh ke Otak Lho!

3. Taburi Garam

Menabur garam dalam luka memang sakit, namun menaburkan garam ke dalam sepatu baru itu baik.
Yap, cukup goncang-goncangkan sepatu yang sudah ditaburi garam agar tersebar merata di seluruh bagian dalam sepatu. Setelahnya, kamu diamkan selama 34 jam.
Diketahui bahwa garam mampu menyerap kelembaban dan mengatasi bau tidak sedap secara alami. Cara ini bakal sangat efektif dan mudah diterapkan pada sepatu kanvas dan jala.
Namun, perlu dipertimbangkan nih untuk kamu yang punya sepatu bahansuedeatau kulit karena penggunaan garam tidak begitu menjanjikan untuk menghilangkan baunya.

4. Cuci keseluruhan sepatu

Apabila cara-cara di atas masih belum ampuh mengusomir bau kaki di sepatu, inilah saatnya bagi kamu untuk mencuci sepatu secara keseluruhan.
Ada beberapa sepatu yang cukup dimasukan ke mesin cuci, namun sebagian besar orang akan memastikan sepatu mereka tidak rusak, karena iru sikat dan sabun serta air yang mengalir adalah cara klasik mencuci sepatu dengan aman.
Bersihkan sepatu bagian luar lalu bilas dan bergantian bagian dalamnya, seperti biasa dengan menggunakan sabun, lalu keringkan selama 24 jam. Cara ini lebih dianjurkan untuk sepatu kanvas dan jala, misalnya sneakers dan sepatu olahraga.
Namun untuk sepatu kulit, karet, dan suede, sebaiknya dihindari pakai sabun, cukup dilap menggunakan tisu basah naik bagian dalam dan luarnya.
Perlu diingat bahwa boleh saja mencuci sepatu dengan mesin cuci namun bukan berarti kamu boleh memasukkannya ke dalam mesin pengering. Jangan lakukan hal itu apabila tidak ingin sepatu kamu berakhir tidak cukup dipakai, karena menyusut atau rusak sehingga nggak bisa dipakai. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya