Teori One Piece: Dari Mana Asal Mula Klan D? Benarkah Jaguar D. Saul Adalah Joy Boy?

Selasa, 10 Januari 2023 | 14:00
One Piece Wiki

Monkey D. Luffy, Monky D. Dragon, dan Monkey D. Garp dari serial One Piece

HAI-ONLINE.COM - Masih banyaknya misteri dalam anime One Piece buatan Eiichiro Oda ngebuat banyak banget teori di kalangan fans.

Selama “Will of D” dan Joy Boy masih jadi komplikasi, ada satu teori yang berhubungan satu sama lain dan mungkin banget bisa ngejelasin tentang keduanya.

Ngelihat perkembangan animenya itu sendiri, tahun ini merupakan tahun yang cukup bagus buat franchise One Piece.

Baca Juga: Manga One Piece akan Vakum Tiga Minggu dan Kembali Lagi Januari 2023!

Banyak banget hal yang dicapai selama tahun 2022 sama anime yang udah berusia lebih dari 20 tahun tersebut.

Hal itu bisa dibuktiin dengan tayangnya One Piece Film: Red di bioskop, Luffy's Gear 5 akhirnya muncul, dan saga terakhir dari seri ini yang sekarang udah resmi dimulai.

Di penghujung Wano, banyak informasi menarik yang keungkap, salah satunya yakni kebenaran tentang kekuatan Buah Iblis Luffy yang ternyata bukanlah Gomu Gomu no Mi tipe Paramecia melainkan buah Mythical Zoan, Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Lebih gila lagi, ternyata kekuatan Sun God itu juga sebelumnya digunakan oleh sosok legendaris Abad Kekosongan, yakni Joy Boy.

Dalam hal ini, Luffy konon dimaksudkan sebagai "The Second Coming" dari Job Boy itu sendiri.

Sayangnya, sedikit banget informasi di luar ini yang diungkapin secara resmi sama Oda.

Mengutip dari CBR.com, ini dia teori yang berhasil ngehubungin dan ngejelasin misteri lama "The Will of D” dan karakter Joy Boy dari Abad Kekosongan.

Siapa Sih Joy Boy?

Meskipun nggak banyak yang diketahui tentangnya, Joy Boy tampaknya adalah salah satu karakter terpenting dalam cerita One Piece.

Manga One Piece

Nico Robin dari manga One Piece

Karakter pengisi Abad Kekosongan itu pertama kali disebutkan dalam arc "Fish-Man Island", setelah Nico Robin ngebaca pesannya yang tertulis di Poneglyph.

Pesan itu nge-reveal janji antara dirinya dan penduduk Fish-Man Island yang kayaknya terpaksa dia langgar.

Prasasti Poneglyph itu ngejelasin kalau seharusnya Joy Boy ikut ngebantu ngebawa penduduk Fish-Man Island ke permukaan ngegunain Senjata Kuno Poseidon dan bahtera Nuh, tapi ternyata dia nggak bisa megang janjinya karena alasan yang nggak diketahui.

Selanjutnya, Joy Boy juga nyatain permintaan maaf ke penduduk Fish-Man Island dan berjanji bahwa bakal ada seseorang di masa depan yang bakal datang buat memenuhi janji yang dia buat sama mereka.

Baca Juga: Bikin Workshop untuk Pelajar SMA/SMK, UI Perkenalkan Mata Kuliah Pembuatan Komik

Di samping itu, ada juga pesan dari Joy Boy di pulau lain yang nggak disebutin namanya yang nulis tentang kembalinya Joy Boy bakal terjadi 800 tahun setelah Abad Kekosongan, yang secara kebetulan, sekitar waktu yang sama Luffy ngemulai perjalanannya.

Hal ini makin kekonfirmasi selama kilas balik Oden, yang mana Gol D. Roger bilang kalau dia dan krunya tiba di Laugh Tale terlalu dini setelah ngebaca pesan yang ditinggalin di sana sama Joy Boy.

Apa itu "Will of D"?

Klan D dikenal sebagai sebuah sekelompok orang misterius yang ada di dunia One Piece, dan cuma segelintir dari mereka yang udah terungkap sejauh ini.

Orang-orang dengan nama “D” juga bisa dibilang langka dan cukup ngebedain mereka dari mayoritas orang di One Piece.

Tapi kayaknya masing-masing dari mereka punya beberapa sifat yang sama, dan itu ngebuat mereka semakin unik.

Based on adegan-adegan yang ditayangin sama Oda selama arc "Dressrosa", mereka yang punya inisial “D” ngebawa sesuatu yang dikenal sebagai "Will of D."

Untuk beberapa alasan, hal ini ngebuat mereka jadi musuh langsung para dewa aka Celestial Dragons.

One Piece

Monkey D. Luffy dari serial One Piece

Berdasarkan pernyataan yang dibuat oleh Pemerintah Dunia dan Navy, mereka yang berinisial "D" sering nimbulin masalah yang berakhir jadi musuh mereka.

Uniknya, hal ini terjadi pada hampir setiap anggota "Klan D" sejauh ini.

Baca Juga: Resesi 2023 Menurut Penelitian Mahasiswi Juara 3 Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional: Nggak Separah Resesi Sebelumnya

Contohnya, pas Luffy nyatain perang terhadap Pemerintah Dunia di arc Enies Lobby, kayak yang dilakuin Marshal D. Teach selama di Marineford.

Selain itu, di masa lalu Rocks D. Xebec juga sempat nyoba buat ngambil alih dunia dan menggulingkan Pemerintah Dunia dengan langsung nyerang Celestial Dragons.

Ada juga Monkey D. Dragon, yang dikenal sebagai ayahnya Luffy, juga dianggap sebagai "World's Worst Criminal" dan merupakan pemimpin Tentara Revolusi.

Dan tentunya, anggota “Klan D” paling terkenal yakni Gol D. Roger, orang yang udah naklukkin Grand Line dan jadi the King of Pirates.

Lebih jauh lagi, bahkan Ketika “Klan D” ini bekerja buat Marines, mereka malah jadi problematic.

Salah satunya Wakil Laksamana Angkatan Laut Monkey D. Garp yang nggak demen sama Celestial Dragons dan sering ngecaci mereka secara terbuka.

Terakhir, ada Jaguar D. Saul yang ngebelot dari Marines setelah tahu bahwa mereka berencana buat ngelakuin Buster Call di pulau Ohara.

Baca Juga: W.ESSENTIELS Hadirkan 35 Item dari Koleksi Terbaru bareng One Piece!

Dari Mana Asal Mula Klan D? Benarkah Jaguar D. Saul Adalah Joy Boy? Terus Gimana Teori yang Ngehubungin Keduanya?

Baru-baru ini ada teori yang cukup masuk akal nyatain kalau “Will of D” dan Joy Boy sebenarnya terhubung langsung.

Hal ini bisa dilihat dari action Joy Boy di masa lalu yang mana secara langsung nentang Pemerintah Dunia, layaknya "Klan D" yang juga nentang mereka karena dibawahi sama Celestial Dragons.

Meirlis dari situs CBR.com, teori ini secara jelas nyatain kalau inisial "D" adalah singkatan dari Dawn Pirates, kru yang konon dipimpin oleh Joy Boy.

Tapi buat sementara, belum pernah ada konfirmasi apapun tentang sebuah kelompok yang ngisi Abad Kekosongan dengan nama Dawn Pirates ini.

Masih dalam teori ini, mereka yang ngebawa "D" dalam namanya diteorikan sebagai keturunan langsung dari Joy Boy dan krunya, yang akan ngejelasin arti dari "Will of D".

One Piece

Jaguar D. Saul dari serial One Piece

Yang cukup menarik, teori tersebut juga ngangkat Jaguar D. Saul secara khusus, yang selanjutnya mengikat semuanya.

Teori ini bilang kalau nama asli Joy Boy adalah Jaguar Binks dan dia adalah raksasa dari Elbaf. Hal itu bisa dibuktiin dengan disimpannya topi jerami raksasa di Mariejois.

Digadang-gadang topi jerami raksaksa tersebut dulunya adalah milik Joy Boy, yang bakal ngejelasin signifikansinya sama topi jerami milik Luffy.

Bukti terakhir tentang alasan kenapa namanya menjadi "Jaguar Binks" adalah karena lagu Binks' Sake secara langsung nyeritain tentang Joy Boy.

Kalau kita pikirin lagi, masuk akal kalau topi Jerami raksaksa itu disimpan sebagai semacam piala atau pengingat Pemerintah Dunia pas ngalahin Joy Boy.

Seenggaknya, secara nggak langsung hal itu nyiratin kalau itu adalah sesuatu yang harus dipakai oleh raksasa.

Sedangkan sejauh ini, satu-satunya raksasa dengan inisial "D" adalah Saul, yang bisa punya signifikansi yang jauh lebih besar daripada cerita sebelumnya.

Baca Juga: Kalah 2-0 dari Vietnam, Timnas Indonesia Gagal Masuk ke Final AFF 2022

Sebenarnya masuk akal banget kalau Elbaf ternyata memiliki ikatan dengan Kerajaan Kuno dan Joy Boy karena seperti yang kita tahu mereka tampaknya nggak berafiliasi dengan Pemerintah Dunia, kayak halnya Wano.

Seiring dengan pentingnya lagu Binks' Sake buat bajak laut, bukan hal yang nggak mungkin buat percaya kalau Jaguar Binks benar-benar nama aslinya Joy Boy.

Jelas, ini memang cuma teori fans, tapi seenggaknya cukup masuk akal karena nawarin beberapa penjelasan yang memuaskan buat banyak misteri yang saat ini belum terpecahkan.

Hipotesis dari "Will of D" yang terikat langsung sama Joy Boy dan kru bajak laut juga ngejawab beberapa pertanyaan dengan cukup baik.

Meskipun aspek teori ini bergantung banget sama gagasan bahwa kru ini punya nama Dawn Pirates, bukan hal yang nggak mungkin kalau kru itu diberi nama itu, atau mungkin nama lain yang dimulai dengan "D."

Bahkan kalau ternyata teori ini nggak benar, yang jelas serial anime tersebut masih nyiratin kalau Joy Boy adalah seorang raksasa, yang setidaknya ngasih kepercayaan di teori ini.

Waktu bakal segera ngasih tahu tentang seberapa akurat teori ini. Tapi yang pasti, dengan tayangnya One Piece dalam saga terakhirnya, jawaban yang ditunggu-tunggu bakal segera hadir.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya