Berencana Membeli Kado Natal dan Akhir Tahun? ASUS ROG Flow X16 Bisa Jadi Pilihan

Jumat, 30 Desember 2022 | 18:10
DOK. ASUS

Hai-Online.com - Merayakan momen Natal dan Tahun Baru tak lengkap rasanya jika belum memberikan kado bagi anggota keluarga tercinta. Agar perayaan momen spesial ini semakin bermakna, Anda bisa memberikan ROG Flow X16 (GV601) sebagai kado istimewa.

Ada banyak alasan yang membuat laptop khusus gaming ini layak dijadikan kado Natal dan Tahun Baru. Bagi pecinta layar fleksibel, misalnya, ROG Flow X16 (GV601) hadir dengan dukungan layar convertible, serta memiliki desain futuristik.

Berbicara tentang spesifikasi, perangkat berukuran 16 inci ini juga ditenagai oleh kartu grafis dan prosesor yang andal, sehingga awet digunakan jangka panjang. Dikutip dari laman ASUS, berikut rincian spesifikasi dari ROG Flow X16 (GV601).

  1. Spesifikasi powerful
ROG Flow X16 (GV601) dibekali kartu grafis (GPU) hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. Sebagai informasi, kartu grafis ini merupakan produk generasi terbaru dengan arsitektur ampere yang canggih sehingga mampu menciptakan teknologi grafis modern, seperti real-time ray tracing dengan kualitas visual terbaik.

Performa kartu grafis ini juga ditunjang dengan total graphic power(TGP) 125 watt, serta prosesor (CPU) AMD Ryzen. Kombinasi keduanya membuat performa laptop lebih powerful untuk semua aktivitas, mulai dari bermain game dengan spesifikasi sangat tinggi (AAA gaming), game streaming, hingga render video untuk kebutuhan konten kreator.

Kelebihan lainnya, ROG Flow X16 (GV601) juga dibekali dengan MUX Switch yang mampu menonaktifkan GPU bawaan AMD Ryzen dan menggantinya dengan GPU NVIDIAsaat ingin mendapatkan kualitas grafis yang lebih baik.

Baca Juga: Membedah Spesifikasi ASUS TUF Gaming F15 FX507, Laptop Gaming Paling Worth It di 2022

Dari sisi memori, ROG Flow X16 (GV601) juga mendukung penggunaan memori DDR5 SO-DIMM yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 64 GB. Hadir juga dua slot SO-DIMM tambahan apabila pengguna ingin melakukan upgrade mandiri.

Untuk menunjang penyimpanan game dan aplikasi, ROG Flow X16 (GV601) dibekali dengan PCIe 4.0 Performance SSD yang memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 7 gigabyte per second (Gbps). Tersedia juga dua slot PCIe SSD sehingga pengguna ROG Flow X16 (GV601) dapat lebih leluasa melakukan upgrade.

Sebagai referensi, berikut adalah hasil benchmark ROG Flow X16 (GV601) menggunakan GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti, CPU Ryzen 8 6900HS, 16GB DDR5 RAM, dan 1 TB PCIe 4.0 Performance SSD.

DOK. ASUS

Hasil benchmark ROG Flow X16 (GV601)

  1. Ringkas dan fleksibel
Keunggulan lain yang juga dimiliki ROG Flow X16 (GV601) adalah fleksibilitas dan dukungan layar sentuh. Untuk menunjang kebutuhan pengguna, layar ROG Flow X16 (GV601) hadir dengan dukungan stylus, serta memiliki tiga mode penggunaan. Mode tersebut mencakup mode stand, mode tent, hingga mode tablet.

Berbicara tentang bobot, laptop berukuran 16 inci ini memiliki bobot 2 kilogram (kg) dengan ketebalan tidak lebih dari dua centimeter (cm). ASUS juga menambahkan material magnesium alloy yang lebih ringan sehingga laptop ini tetap tangguh ketika dibawa bepergian.

  1. Layar Berkualitas
Meski tampil sebagai laptop gaming, ROG Flow X16 (GV601) dirancang sebagai laptop "sapu jagat" atau laptop serbabisa. Pasalnya, ROG Flow X16 (GV601) menggunakan ROG Nebula Display yang dikenal sebagai salah satu standar layar terbaik pada laptop gaming.

ROG Nebula Display di ROG Flow X16 (GV601) juga didukung oleh refresh rate 165 Hertz, response time 3 milisecond, serta fitur Adaptive Sync. Spesifikasi tersebut membuat pengalaman bermain game bebas dari efek tearing maupun stuttering.

DOK. ASUS

ROG Flow X16 (GV601)

Selain itu, ROG Nebula Display di ROG Flow X16 (GV601) juga memiliki color gamut 100 persen DCI-P3 dengan tingkat akurasi warna yang sangat tinggi, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Resolusi layar 2560x1600 pixel pada laptop ini juga terasa pas untuk digunakan bermain game, maupun untuk kebutuhan produktivitas sehari-hari.

  1. Sistem pendingin inovatif
Mengingat laptop gaming rentan terhadap suhu panas (overheat), ASUS membekali ROG Flow X16 (GV601) dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang didukung oleh Pulsar Heatsink dan Frost Force Technology. Sistem pendingin tersebut menggabungkan performa tiga kipas khusus, serta heatsink yang membentang dari ujung ke ujung pada bagian belakang laptop.

Jika membuka penutup bagian bawah ROG Flow X16 (GV601), Anda bisa melihat satu kipas yang ditempatkan sejajar dengan posisi GPU. Kipas tersebut merupakan bagian dari Frost Force Technology yang berfungsi mengalirkan udara dingin secara langsung ke GPU dan heatsink.

DOK. ASUS

Sistem pendingin ROG Flow X16 (GV601)

Kipas yang digunakan oleh ROG Flow X16 (GV601) juga didesain khusus menggunakan desain variable blade thickness agar dapat mengalirkan udara lebih baik. Kinerja kipas juga bisa menghasilkan suara lebih senyap berkat dukungan anti-resonance design.

Agar pendinginan lebih optimal, ASUS membekali ROG Flow X16 (GV601) dengan Thermal Grizzly Condectnaut Extreme liquid metal pada CPU-nya. Untuk diketahui, liquid metal memiliki kemampuan menghantarkan panas yang lebih baik di bandingkan menggunakan thermal compound standar berbahan silikon.

Untuk membuktikan performa sistem pendingin tersebut, ASUS melakukan 3DMark Time Spy Stress Test dengan 100 kali pengulangan pengujian. Hasilnya, ROG Flow X16 (GV601) mampu menjaga performa perangkat dengan sangat baik, dengan rata-rata suhu CPU berada di 76,56 Celcius dan suhu GPU di 73,58 Celcius.

  1. Kompatibel dengan ROG XG Mobile
Sama seperti lini laptop gaming ROG Flow lainnya, ROG Flow X16 (GV601) juga dapat digunakan bersama dengan ROG XG Mobile.

Tidak hanya itu, ROG XG Mobile juga dapat bekerja sebagai power supply untuk ROG Flow X16 (GV601) saat dihubungkan dengan perangkat. Apabila membutuhkan jangkauan pengelihatan yang lebih baik, terdapat port tambahan yang mampu dihubungkan ke empat monitor eksternal sekaligus.

Itulah lima alasan mengapa ROG Flow X16 (GV601) layak dijadikan sebagai kado Natal dan Tahun Baru. Untuk mengetahui lebih banyak tentang spesifikasi produk dan layanan purna jual, kunjungi https://rog.asus.com/id/laptops/rog-flow/rog-flow-x16-2022-series/.

Editor : Wandha Nur Hidayat